Sebelum Pakai GSX-RR, Suzuki Pernah Andalkan GSV-R di MotoGP

Kompas.com - 15/05/2022, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki kembali mengundurkan diri dari MotoGP. Alasannya juga masih sama seperti sebelumnya pada 2011, yakni kondisi ekonomi.

Padahal, motor balap GSX-RR yang digunakan sekarang ini masih cukup kompetitif. Sejak 2015 hingga sekarang, GSX-RR sudah meraih satu gelar juara dunia, satu pole position, dengan 34 podium.

Baca juga: Deretan Pebalap Suzuki di MotoGP, Sukses Jadi Juara Dunia

GSX-RR menggunakan mesin dengan konfigurasi 4-silinder sejajar (inline-4), 4-tak, DOHC, berpendingin cairan, dan memiliki 4 katup.

Kapasitas mesinnya 1.000 cc dengan tenaga mencapai 238 tk dan top speed melebihi 340 km/jam.

Suzuki GSV-RDok. Autoby.jp Suzuki GSV-R

Saat ini, hanya Suzuki dan Yamaha saja yang menggunakan konfigurasi mesin 4-silinder sejajar. Sementara pabrikan lainnya, mengandalkan mesin V4.

Tapi, sebelum GSX-RR, Suzuki juga pernah mengandalkan motor yang berbeda, yakni GSV-R. Konfigurasi yang digunakan juga berbeda, yakni V4.

Baca juga: Spesifikasi Motor Balap Suzuki GSX-RR yang Sebentar Lagi Pensiun

Menurut Suzuki, mesin V4 punya tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan mesin inline-4. Tapi, kecepatan menikung pada mesin V4 lebih lambat.

Suzuki GSV-RDok. Autoby.jp Suzuki GSV-R

Sedangkan mesin inline-4 tidak secepat V4. Tapi, lebih lincah dan lebih cepat saat menikung. Maka itu, Suzuki dan Yamaha tetap mengandalkan mesin inline-4 hingga sekarang.

Untuk spesifikasi GSV-R, konfigurasi mesin yang digunakan adalah V4 dengan 65 derajat. Tenaga yang dihasilkan 225 tk dengan kapasitas mesin 990 cc yang digunakan pada 2002 hingga 2006 dan 800 cc pada 2007 hingga 2009.

Chris Vermeulen saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP. AFP PHOTO/TENGKU BAHAR (Photo by TENGKU BAHAR / AFP)TENGKU BAHAR Chris Vermeulen saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP. AFP PHOTO/TENGKU BAHAR (Photo by TENGKU BAHAR / AFP)

Selama GSV-R berkiprah sejak 2002 hingga 2011, hanya satu kemenangan dengan 14 podium. Tentunya, hasil tersebut juga mempengaruhi keputusan Suzuki untuk menggunakan mesin inline-4 pada GSX-RR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.