Deretan Pebalap Suzuki di MotoGP, Sukses Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 13/05/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak era MotoGP dimulai pada 2002 hingga sekarang, tercatat sudah ada banyak pebalap yang meembela Suzuki.

Saat era MotoGP dimulai pada 2002, Suzuki yang disponsori oleh Telefonica Movistar memiliki tiga pebalap, yakni Sete Gibernau dan Kenny Roberts Jr.

Baca juga: Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP Akhir Musim 2022

Kenny Roberts Jr. saat membalap untuk Telefonica Movistar Suzuki.     AFP PHOTO/Antonio SCORZA (Photo by ANTONIO SCORZA / AFP)ANTONIO SCORZA Kenny Roberts Jr. saat membalap untuk Telefonica Movistar Suzuki. AFP PHOTO/Antonio SCORZA (Photo by ANTONIO SCORZA / AFP)

Pada tahun berikutnya, Gibernau meninggalkan Suzuki dan digantikan oleh John Hopkins. Nama tim juga berganti menjadi Suzuki Grand Prix Team.

Kombinasi Hopkins dan Roberts bertahan hingga musim 2005. Nama tim berganti menjadi Team Suzuki MotoGP. Suzuki masih belum diberkahi kemenangan dan peringkat di klasemen juga jauh dari sepuluh besar.

Baca juga: Kiprah Suzuki Setelah Kembali ke MotoGP pada 2015 hingga 2022

Chris Vermeulen saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP. AFP PHOTO/TENGKU BAHAR (Photo by TENGKU BAHAR / AFP)TENGKU BAHAR Chris Vermeulen saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP. AFP PHOTO/TENGKU BAHAR (Photo by TENGKU BAHAR / AFP)

Memasuki musim 2006, Roberts digantikan oleh Chris Vermeulen. Pada musim pertamanya bersama Suzuki, Vermeulen berhasil meraih satu kali podium saat finis urutan kedua di kampung halamannya di Phillip Island, Australia.

Tahun berikutnya, Vermeulen berhasil memberikan kemenangan pertama Suzuki selama di era MotoGP, yakni di Sirkuit Le Mans, Prancis. Pada tahun yang sama, nama tim juga berganti menjadi Rizla Suzuki MotoGP.

Loris Capirossi saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP.  AFP PHOTO / MARIO LAPORTA (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)MARIO LAPORTA Loris Capirossi saat menjadi pebalap Rizla Suzuki MotoGP. AFP PHOTO / MARIO LAPORTA (Photo by MARIO LAPORTA / AFP)

Memasuki musim 2008, Hopkins digantikan oleh Loris Capirossi. Kombinasi ini bertahan hingga musim 2009, tapi keduanya tidak berhasil memberikan kemenangan untuk Suzuki.

Pada musim 2010, Vermeulen digantikan oleh Alvaro Bautista. Selanjutnya, di musim 2011, Capirossi keluar dari Suzuki dan meninggalkan Bautista sendirian.

Dua pebalap Suzuki, Aleix Espargaro (kanan) dan Maverick Vinales, berpose dengan motor mereka pada peluncuran tim di Jepang, Jumat (6/3/2015).SUZUKI-RACING.COM Dua pebalap Suzuki, Aleix Espargaro (kanan) dan Maverick Vinales, berpose dengan motor mereka pada peluncuran tim di Jepang, Jumat (6/3/2015).

Saat itu, terjadi krisis ekonomi global yang memaksa Suzuki untuk keluar dari MotoGP. Namun, Suzuki berhasil kembali lagi pada 2015.

Musim 2015, dengan nama Team Suzuki MotoGP, tim ini menggandeng Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Saat itu, Vinales masih berstatus rookie. Keduanya belum bisa meraih podium dan prestasi terbaik hanya finis di urutan keenam.

Dua pebalap tim Suzuki Ecstar 2017, Andrea Iannone dan Alex Rinssuzuki-racing.com Dua pebalap tim Suzuki Ecstar 2017, Andrea Iannone dan Alex Rins

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.