Motor dengan Rem ABS Tidak Cocok Diajak Off-Road

Kompas.com - 15/05/2022, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pabrikan otomotif sudah memberikan fitur Anti Lock Braking System (ABS) hampir di semua lini produknya. Dengan fitur ini motor akan terhindar dari rem terkunci mendakak.

Dengan begitu,motor akan terhindar dari jenis kecelakaan yang disebabkan karena mengerem mendadak di jalan berpasir atau licin.

Namun, ada yang megatakan bahwa motor dengan sistem pengereman ABS tidak bisa diajak off-road. Oleh karenanya, jarang ditemui fitur ini di motor yang bergenre trail.

Baca juga: Cara Aman Mengendarai Motor di Jalan Berlubang

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana menyampaikan bahwa fitur ABS memang bukan dirancang untuk trek off-road. Fitur keamanan tersebut malah lebih optimal ketika digunakan di jalanan aspal.

"Saat off road trek yang dilalui jarang sekali yang panjang, jadi fungsi ABS tidak terlalu dibutuhkan. ABS akan lebih baik digunakan jika mengerem dalam situasi jalan aspal agar tidak mengunci saat pengereman," katanya kepada Kompas.com, Rabu (3/9/2020).

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Mengendarai Motor Memakai Rok Berbahaya

Agus mengatakan, fungsi rem ABS yang mencegah roda terkunci justru jadi mubazir jika diajak ''garuk tanah.''

Sebab, ABS justru menghalangi daya cengkeram roda untuk mencengkeram permukaan.

Kawasaki KLX 140R FFoto: Kawasaki Kawasaki KLX 140R F

"Di off-road, jalan yang dilalui tidak rata dan dengan melakukan pengereman tanpa ABS sudah cukup. Motor jenis trail malah membutuhkan roda yang terkunci supaya dapat berhenti di jalan berbatu maupun berpasir," katanya.

"Rem ABS malah bisa menjadi penghalang bagi motor trail agar mudah dikontrol dengan tepat di jalur tanah," kata Agus.

Salah satu model Honda yang menerapkan fitur ini ialah CRF1100L Africa Twin yang dilengkapi dengan sistem ABS dual-channel.

Sistem ABS pada motor adventure kelas atas Honda ini menawarkan dua pengaturan, yaitu on-road dan off -road. Untuk off-road, fitur ABS pada roda belakang dapat dimatikan sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.