Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Start Posisi 5, Bastianini Berpotensi Naik Podium di GP Perancis

Kompas.com - 15/05/2022, 10:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim satelit Gresini Racing berpotensi untuk naik podium pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. Salah satu pebalapnya akan start dari barisan kedua.

Enea Bastianini berhasil menyelesaikan sesi kualifikasi dengan cukup baik. Dia mendapatkan posisi start di urutan kelima dengan catatan waktu 1 menit 30,711 detik.

Baca juga: Bastianini Serahkan Masa Depannya pada Ducati

Sayangnya, di beberapa bagian sirkuit dia terlalu melebar. Sehingga, hanya bisa bertahan di lima besar tercepat di sesi kualifikasi.

Catatan waktunya juga tak mengecewakan dari peraih pole position Francesco Bagnaia, karena hanya terpaut 0,261 detik.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

“Semuanya berjalan lancar, meskipun baris terdepan nyaris diraih. Kita akhirnya bisa menunjukkan bisa kencang sepanjang persiapan balapan kali ini yang tak terlihat di seri sebelumnya. Jadi bisa dibilang kami sudah kembali,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Bastianini menambahkan, dia mengalami beberapa kendala teknis sepanjang akhir pekan. Tapi, tetap harus siap dan bila kemungkinan hujan, memulai balapan dekat dengan baris terdepan akan menjadi keuntungan tersendiri.

Menurutnya, Fabio Quartararo punya motor kencang, tapi dia akan mencoba untuk menandinginya.

Baca juga: Gresini Racing Yakin Bisa Raih Poin dan Rebut Puncak Klasemen

Sedangkan rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, berhasil masuk di 16 besar catatan waktu pebalap tercepat di sesi kualifikasi. Pebalap yang akrab dipanggil Diggia ini torehkan waktu 1 menit 31,487 detik.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

“Saya tak terlalu senang hasil kali ini, padahal sudah melakukan langkah lebih maju, di sisi lain saya berharap bisa lebih dari ini. Kita mencoba beberapa penyesuaian yang sayangnya tak bekerja semestinya dan kehilangan sedikit kesempatan. Lainnya sudah alami penyempurnaan,” kata Diggia.

Diggia juga berharap memaksimalkan Ducati Desmosedici yang ditungganginya. Tapi, cuaca di Prancis diramalkan akan hujan saat hari Minggu.

“Sayang sekali di kualifikasi kita sudah melakukan dengan benar. Bila benar hujan di balapan nanti, menjadi balapan kali kedua di kelas MotoGP saat kondisi hujan. Kita akan mencoba yang terbaik,” ujarnya.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Melihat performa Bastianini dan Diggia di kualifikasi MotoGP Prancis ada potensi kedua pebalap yang didukung oleh Federal Oil ini bisa meraih poin penting di klasemen MotoGP 2022.

Bastianini bisa ada kesempatan bikin bangga Indonesia dengan naik podium di depan penggemar balap MotoGP. Kemudian Diggia, ada potensi meraih poin perdananya mengawali karir di MotoGP bersama Gresini Racing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com