Start Posisi 5, Bastianini Berpotensi Naik Podium di GP Perancis

Kompas.com - 15/05/2022, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim satelit Gresini Racing berpotensi untuk naik podium pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. Salah satu pebalapnya akan start dari barisan kedua.

Enea Bastianini berhasil menyelesaikan sesi kualifikasi dengan cukup baik. Dia mendapatkan posisi start di urutan kelima dengan catatan waktu 1 menit 30,711 detik.

Baca juga: Bastianini Serahkan Masa Depannya pada Ducati

Sayangnya, di beberapa bagian sirkuit dia terlalu melebar. Sehingga, hanya bisa bertahan di lima besar tercepat di sesi kualifikasi.

Catatan waktunya juga tak mengecewakan dari peraih pole position Francesco Bagnaia, karena hanya terpaut 0,261 detik.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

“Semuanya berjalan lancar, meskipun baris terdepan nyaris diraih. Kita akhirnya bisa menunjukkan bisa kencang sepanjang persiapan balapan kali ini yang tak terlihat di seri sebelumnya. Jadi bisa dibilang kami sudah kembali,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Bastianini menambahkan, dia mengalami beberapa kendala teknis sepanjang akhir pekan. Tapi, tetap harus siap dan bila kemungkinan hujan, memulai balapan dekat dengan baris terdepan akan menjadi keuntungan tersendiri.

Menurutnya, Fabio Quartararo punya motor kencang, tapi dia akan mencoba untuk menandinginya.

Baca juga: Gresini Racing Yakin Bisa Raih Poin dan Rebut Puncak Klasemen

Sedangkan rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, berhasil masuk di 16 besar catatan waktu pebalap tercepat di sesi kualifikasi. Pebalap yang akrab dipanggil Diggia ini torehkan waktu 1 menit 31,487 detik.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

“Saya tak terlalu senang hasil kali ini, padahal sudah melakukan langkah lebih maju, di sisi lain saya berharap bisa lebih dari ini. Kita mencoba beberapa penyesuaian yang sayangnya tak bekerja semestinya dan kehilangan sedikit kesempatan. Lainnya sudah alami penyempurnaan,” kata Diggia.

Diggia juga berharap memaksimalkan Ducati Desmosedici yang ditungganginya. Tapi, cuaca di Prancis diramalkan akan hujan saat hari Minggu.

“Sayang sekali di kualifikasi kita sudah melakukan dengan benar. Bila benar hujan di balapan nanti, menjadi balapan kali kedua di kelas MotoGP saat kondisi hujan. Kita akan mencoba yang terbaik,” ujarnya.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Prancis 2022

Melihat performa Bastianini dan Diggia di kualifikasi MotoGP Prancis ada potensi kedua pebalap yang didukung oleh Federal Oil ini bisa meraih poin penting di klasemen MotoGP 2022.

Bastianini bisa ada kesempatan bikin bangga Indonesia dengan naik podium di depan penggemar balap MotoGP. Kemudian Diggia, ada potensi meraih poin perdananya mengawali karir di MotoGP bersama Gresini Racing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.