Jangan Anggap Remeh, Mengendarai Motor Memakai Rok Berbahaya

Kompas.com - 13/05/2022, 09:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Aktivitas mengendarai sepeda motor kini juga dipilih wanita. Tidak sedikit wanita yang menggunakan kendaraan roda dua sebagai sarana mobilitas.

Akan tetapi, jika dari sisi keselamatan berkendara wanita kerap abai atau belum paham. Salah satu hal berbahaya yang kerap dilakukan wanita saat mengendarai motor yaitu menggunakan rok.

Sebagai fesyen item wanita, rok tidaklah cocok digunakan saat mengendarai motor. Mengendarai motor saat mengenakan rok akan membahayakan keselamatan berkendara.

Baca juga: Ladies, Jangan Pakai High Heels Saat Berkendara Motor

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma mengimbau agar pengemudi motor wanita tidak mengenakan rok saat hendak berkendara.

“Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak,” kata Ludhy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.(dok.Kompasiana)(dok.Kompasiana) Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.(dok.Kompasiana)

Selain itu, konsentrasi pengendara wanita juga harus terbagi karena gangguan angin.
Embusan angin akan lebih kencang pada saat naik motor sehingga rok akan mudah tersingkap.

Ketika ada angin, pengendara motor wanita akan sibuk menghindari rok tersingkap ketika di tempat umum.

Baca juga: Semangat Tinggi Bagnaia Bidik Podium di GP Perancis

Solusi yang paling aman yaitu wanita harus menggunakan celana bukan rok saat mengendarai motor.

“Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan dapat menggantinya di toilet terdekat,” kata Ludhy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.