Sudah Dibuka, Simak Jadwal Pelayanan SIM, BPKB, dan STNK Usai Lebaran

Kompas.com - 11/05/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya memastikan bahwa layanan masyarakat seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), resmi dibuka kembali pada Senin (9/5/2022).

Hal tersebut seiring berakhirnya libur bersama Idul Fitri 1443 H ataupun Lebaran 2022, yang berlangsung sepanjang 28 April 2022 sampai 8 Mei 2022 kemarin.

Meski begitu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengimbau untuk masyarakat jangan memaksakan untuk dapat mengurus dokumen penting berkendara itu di hari yang bersamaan.

Baca juga: Ini Ruas Tol Terpadat Selama Arus Balik Lebaran 2022

Pelayanan perpanjangan, pembuatan baru SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (30/5/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Pelayanan perpanjangan, pembuatan baru SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (30/5/2020)

"Bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada 29 April sampai 8 Mei 2022 bisa memperpanjangnya dengan tenggang waktu selama 9-17 Mei 2022," kata dia, Senin.

Artinya, masih ada waktu selama dua pekan melakukan pengurusan surat alias dokumen tersebut. Selain itu, perpanjangan juga bisa dilakukan di seluruh satpas, gerai, ataupun SIM dan Samsat Keliling.

Tapi apabila masyarakat pemegang SIM lalai, sudah lewat masa berlaku dan tidak diperpanjang sampai 17 Mei 2022, maka SIM terkait dinyatakan tidak berlaku lagi dan tidak dapat melakukan proses perpanjangan.

Ini termaktub dalam Surat Telegram Kapolri yang ditunjukkan ke para Kapolda Nomor: ST/785/IV/YAN.1.1/2022 mengenai petunjuk dan arahan pelayanan SIM pada hari raya Idul Fitri 1443 H.

Baca juga: Lalu Lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Lancar pada H+6 Lebaran

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.KOMPAS.COM/Dok. Kombes Pol Leonardus Simarmata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.

Adapun jam operasional layanan pengurusan SIM, STNK, dan BPKB dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, kata Sambodo lagi, ialah normal seperti biasa yakni pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB selama Senin-Jumat.

Sementara pada akhir pekan, hanya buka hari Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

"Khusus samsat DKI Jakarta, pada hari Sabtu tidak ada pelayanan," kata Sambodo dalam keterangan tertulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.