Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atas Diskresi Kepolisian, Jasa Marga Buka Contraflow di Tol Cikampek

Kompas.com - 10/05/2022, 17:14 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantauan arus balik ke arah Jakarta masih terlihat ramai. Bahkan, beberapa titik di Tol Cipali terlihat adanya penumpukan kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga memberlakukan contraflow dari Km 70 hingga Km 47 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 14.20 WIB.

Contraflow diberlakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dikarenakan volume lalu lintas yang masih tinggi ke arah Jakarta.

Baca juga: Tidak Ada Lagi One Way dan Contraflow, dari Tol Kalikangkung ke Cikampek Hanya 5 Jam

Skema one way diterapkan di Ruas Tol Semarang ABC Km 428 hingga Km 66 Jakarta-Cikampek, Minggu (8/5/2022) pagi. Dokumentasi Jasa Marga Skema one way diterapkan di Ruas Tol Semarang ABC Km 428 hingga Km 66 Jakarta-Cikampek, Minggu (8/5/2022) pagi.

Pemberlakuan contraflow ini diharapkan dapat mengurai sejumlah titik-titik kepadatan yang saat ini terpantau tengah terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. 

Terpantau kemacetan ada di Simpang Susun (SS) Dawuan Km 66 yang merupakan pertemuan lalu lintas dari Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta serta kepadatan menjelang akses keluar masuk rest area, seperti Rest Area Km 62 dan Rest Area Km 52.

Oleh karena itu, bagi yang mau mengarah ke Jakarta dan ingin menggunakan contraflow, siap-siap ada di lajur kanan sebelum Km 70. Namun, harus diingat, mobil yang ada di contraflow tidak bisa masuk rest area Km 62 dan Km 52.

Baca juga: Catat, Jam Operasional Layanan SIM, STNK, dan BPKB Usai Libur Lebaran


Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com