Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas Turun 31 Persen Selama Operasi Ketupat 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 17:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi mengatakan angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan dibandingkan dengan 2019, tahun sebelum pandemi Covid-19.

Angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen,” ujar Firman, dilansir dari NTMC Polri (10/5/2022).

“Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 periode sebelum pandemi Covid-19,” kata dia.

Baca juga: Video Unik Mudik Lebaran, Sopir Bus Cuci Mobil di Depannya Saat Macet

Polisi mengecek Toyota Rush silver D 1892 VZ yang ringsek dalam kecelakaan lalu lintas di Kilometer 21 Jalan Jogja - Wates, masuk wilayah Pedukuhan Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.DOKUMENTASI POLRES KP Polisi mengecek Toyota Rush silver D 1892 VZ yang ringsek dalam kecelakaan lalu lintas di Kilometer 21 Jalan Jogja - Wates, masuk wilayah Pedukuhan Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Firman juga mengatakan, pihaknya telah berupaya secara maksimal untuk melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Meski begitu, proses evaluasi akan tetap dilakukan untuk meningkatkan kerja kepolisian. Khusus di Jawa Barat, sebanyak 103 kecelakaan terjadi sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2022 di wilayah hukum Polda Jabar.

Dari insiden itu, sebanyak 29 orang mengalami luka berat, 137 luka ringan, dan 37 orang meninggal dunia.

Baca juga: Video Truk Berhenti karena Pengemudi Tidur, Bikin Macet Jalan Raya

“Korban meninggal dunia dalam laka lantas musim Lebaran tahun ini tercatat sebanyak 37 orang. Sedangkan pada 2021 sebanyak 78 korban meninggal dunia,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo dalam keterangannya, Senin (9/5).

Adapun pada arus Lebaran sebelumnya atau 2021 lalu tercatat sebanyak 133 kejadian kecelakaan. Sebanyak 9 orang mengalami luka berat, 140 luka ringan, dan 78 meninggal dunia.

Menurut Ibrahim, jumlah kecelakaan lalu lintas musim Lebaran tahun ini didominasi di jalur arteri dengan jumlah kejadian sebanyak 97 kasus. Sedangkan kecelakaan di jalan tol sebanyak enam kasus.

Baca juga: Catat, Jam Operasional Layanan SIM, STNK, dan BPKB Usai Libur Lebaran

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) melibatkan mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B 1850 FJF dan truk (nomor polisi tidak diketahui) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), KM 53.800 B Cakung arah Cikunir, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022), sekitar pukul 07.00 WIB.Dok. TMC Polda Metro Jaya Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) melibatkan mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B 1850 FJF dan truk (nomor polisi tidak diketahui) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), KM 53.800 B Cakung arah Cikunir, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022), sekitar pukul 07.00 WIB.

“Korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalur arteri sebanyak 36 orang dan satu orang di jalan tol,” kata Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, jumlah korban luka berat dan ringan pada musim mudik Lebaran tahun ini juga mengalami penurunan.

“Musim mudik Lebaran tahun ini jumlah kasus kecelakaan lalu lintas dan jumlah korban meninggal serta luka berat dan ringan mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com