Kompas.com - 10/05/2022, 17:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi mengatakan angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan dibandingkan dengan 2019, tahun sebelum pandemi Covid-19.

Angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen,” ujar Firman, dilansir dari NTMC Polri (10/5/2022).

“Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 periode sebelum pandemi Covid-19,” kata dia.

Baca juga: Video Unik Mudik Lebaran, Sopir Bus Cuci Mobil di Depannya Saat Macet

Polisi mengecek Toyota Rush silver D 1892 VZ yang ringsek dalam kecelakaan lalu lintas di Kilometer 21 Jalan Jogja - Wates, masuk wilayah Pedukuhan Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.DOKUMENTASI POLRES KP Polisi mengecek Toyota Rush silver D 1892 VZ yang ringsek dalam kecelakaan lalu lintas di Kilometer 21 Jalan Jogja - Wates, masuk wilayah Pedukuhan Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Firman juga mengatakan, pihaknya telah berupaya secara maksimal untuk melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Meski begitu, proses evaluasi akan tetap dilakukan untuk meningkatkan kerja kepolisian. Khusus di Jawa Barat, sebanyak 103 kecelakaan terjadi sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2022 di wilayah hukum Polda Jabar.

Dari insiden itu, sebanyak 29 orang mengalami luka berat, 137 luka ringan, dan 37 orang meninggal dunia.

Baca juga: Video Truk Berhenti karena Pengemudi Tidur, Bikin Macet Jalan Raya

“Korban meninggal dunia dalam laka lantas musim Lebaran tahun ini tercatat sebanyak 37 orang. Sedangkan pada 2021 sebanyak 78 korban meninggal dunia,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo dalam keterangannya, Senin (9/5).

Adapun pada arus Lebaran sebelumnya atau 2021 lalu tercatat sebanyak 133 kejadian kecelakaan. Sebanyak 9 orang mengalami luka berat, 140 luka ringan, dan 78 meninggal dunia.

Menurut Ibrahim, jumlah kecelakaan lalu lintas musim Lebaran tahun ini didominasi di jalur arteri dengan jumlah kejadian sebanyak 97 kasus. Sedangkan kecelakaan di jalan tol sebanyak enam kasus.

Baca juga: Catat, Jam Operasional Layanan SIM, STNK, dan BPKB Usai Libur Lebaran

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) melibatkan mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B 1850 FJF dan truk (nomor polisi tidak diketahui) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), KM 53.800 B Cakung arah Cikunir, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022), sekitar pukul 07.00 WIB.Dok. TMC Polda Metro Jaya Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) melibatkan mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B 1850 FJF dan truk (nomor polisi tidak diketahui) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), KM 53.800 B Cakung arah Cikunir, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022), sekitar pukul 07.00 WIB.

“Korban meninggal dunia dalam kecelakaan di jalur arteri sebanyak 36 orang dan satu orang di jalan tol,” kata Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, jumlah korban luka berat dan ringan pada musim mudik Lebaran tahun ini juga mengalami penurunan.

“Musim mudik Lebaran tahun ini jumlah kasus kecelakaan lalu lintas dan jumlah korban meninggal serta luka berat dan ringan mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.