Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2022, 12:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus mudik dan balik Lebaran 2022 resmi dilalui pada 9 Mei 2022. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim pelaksanaannya berjalan baik.

"Berbagai masukan telah kami terima dan Alhamdulillah pada umumnya menyampaikan bahwa mudik pada tahun ini berjalan dengan baik," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resminya, Senin (9/5/2022).

Lebih lanjut Budi mengatakan, mudik tahun ini berbeda dengan mudik sebelumnya. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil survei yang dilakukan ada 85,5 juta masyarakat yang ingin mudik setelah dua tahun dilarang karena pandemi.

Baca juga: Ganti Ban Mobil Harus Sepasang atau Bisa Satuan?


Kondisi tersebut mengekspresikan tingginya animo masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung, sekaligus tantangan bagi semua stakeholder untuk dapat melayani dengan baik.

Budi mengatakan, pelaksanaan mudik 2022 menghasilkan satu pergerakan yang sangat banyak.

Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak Bogor menyebabkan terjadinya kepadatan di sejumlah titik sehingga Satalntas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah untuk mengurainya.

Dampak dari hal tersebut, ternyata juga berakibat pada belum maksimal pelayanan yang diberikan pemerintah.

"Oleh karenanya kami sampaikan permohonan maaf belum bisa memenuhi harapan semua pihak. Kami akan lakukan evaluasi agar kegiatan mudik dan juga kegiatan di mana akan ada pergerakan yang masif di masa yang akan datang, dapat diantisipasi dengan lebih baik," kata Budi.

Baca juga: Update Harga SUV Murah Usai Lebaran

Namun di luar dari keberhasilan dan belum optimalnya layanan mudik 2022, Budi berharap pergerakan mudik juga jadi momen untuk kebangkitan ekonomi nasional, sekaligus menjadi tanda dimulainya masa endemi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan terkait arus mudik 2022 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Menhub menyatakan puncak arus mudik Ramadhan 2022 secara umum sudah berlalu dan akan mulai mengalami penurunan.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan keterangan terkait arus mudik 2022 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Menhub menyatakan puncak arus mudik Ramadhan 2022 secara umum sudah berlalu dan akan mulai mengalami penurunan.

"Kami selalu menekankan agar protokol kesehatan dijalankan dengan baik, sehingga diharapkan tidak terjadi kenaikan kasus usai masa mudik. Kami juga sampaikan terima kasih kepada para pemudik yang telah mengikuti berbagai imbauan dari pemerintah," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com