Kompas.com - 09/05/2022, 12:12 WIB

 


JAKARTA, KOMPAS.COM – Kejadian rem blong atau gagal fungsi pada sepeda motor bisa terjadi kapan saja. Pada beberapa kasus, rem motor blong dialami oleh penggendara motor matik.

Biasanya, motor matik yang melintasi jalanan menurun kerap dilanda rem blong. Tentunya motor yang alami kondisi ini berbahaya jika digunakan untuk melaju.

Maka dari itu, disarankan agar sebelum melakukan perjalanan menggunakan motor perlu melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

Baca juga: Lebih Baik Servis Mobil Setiap Bulan atau per Kilometer?

"Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang, agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman," Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani kepada Kompas.com.

Pemeriksaan rem dapat memastikan bahwa sepeda motor yang akan dikendarai dalam kondisi yang layak jalan dan tidak membahayakan. Namun, jika alami rem motor blong tiba-tiba, sebaiknya tidak langsung panik.

Agus menambahkan, jika rem blong terlanjur terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pengendara. Pertama, saat mengalami kejadian rem gagal fungsi, pengendara sebaiknya tidak langsung panik.

Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.Foto: Wahana Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.

Jika pengemudi panik, maka tidak bisa mencari solusi untuk meminimalisasi risiko yang bisa terjadi.

Langkah selanjutnya, saat rem tidak bisa berfungsi, Agus menyarankan agar pengendara mencari jalan yang menanjak. Pemilihan jalan yang menanjak akan mengurangi laju atau kecepatan kendaraan.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Ruas Tol MBZ ke Cikampek Masih Ditutup

“Dengan begitu, maka sepeda motor akan berjalan lebih pelan dan bisa berhenti dengan sendirinya,” kata Agus.

Apabila situasi kian tidak terkendali, usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan. Namun, jika terpaksa harus menabrak agar motor berhenti, maka carilah tempat yang tidak terlalu membahayakan seperti di rumput atau pasir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.