Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2022, 16:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - H+5 Mudik Lebaran 2022 atau Minggu, 8 Mei 2022 diprediksi merupakan puncak arus balik bagi pemudik yang akan pulang ke Jabodetabek dari arah timur.

Dwimawan Heru Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, meski lonjakan volume di Jalan Tol Jakarta-Cikampek luar biasa, namun kondisi lalu lintas dapat dikendalikan.

“Tahun ini dengan perencanaan yang lebih matang, dan koordinasi yang jauh lebih intensif, relatif tidak terjadi kepadatan yang berarti di Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” katanya dalam rilis resmi, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Puncak Arus Balik, Lalu Lintas di Puncak Bogor Masih Lancar

Suasana di Rest Rest Area Kilometer 62B tol Jakarta-Cikampek, Kamis (5/5/2022) siang.KOMPAS.com/FARIDA Suasana di Rest Rest Area Kilometer 62B tol Jakarta-Cikampek, Kamis (5/5/2022) siang.

Heru mengatakan, terdapat dua kunci manajemen arus lalu lintas mudik tahun ini. Pertama adalah penggunaan teknologi terkini dalam bidang road transportation dan kedua koordinasi lintas sektoral.

Penggunaan teknologi sebagai “decision support system” mendukung Kepolisian dan Jasa Marga dalam memutuskan penanganan lalu-lintas, sedangkan koordinasi lintas sektoral melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Rendering Honda GB1100, Ganteng Maksimal

Pelepasan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jumat (6/5/2022).Sabrina Mutiara Fitri Pelepasan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jumat (6/5/2022).

“Tiga bulan sebelum arus mudik, bahkan sebelum adanya keputusan pelonggaran perjalanan antar kota, kami bersama-sama dengan pemangku kepentingan sudah membahas intensif perencanaan arus mudik, dengan berbagai skenario, untuk mengantisipasi apapun kebijakan Pemerintah Pusat soal mudik," tutur Heru.

Koordinasi ini dilakukan khususnya dengan Korlantas Polri, sebagai pemegang diskresi semua rekayasa lalu lintas.

Adapun pemangku kepentingan antara lain, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol, dan dinas Provinsi, seperti Dinas Pekerjaan Umum, katanya Dinas Kesehatan.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Ruas Tol MBZ ke Cikampek Masih Ditutup

Skema one way diterapkan di Ruas Tol Semarang ABC Km 428 hingga Km 66 Jakarta-Cikampek, Minggu (8/5/2022) pagi. Dokumentasi Jasa Marga Skema one way diterapkan di Ruas Tol Semarang ABC Km 428 hingga Km 66 Jakarta-Cikampek, Minggu (8/5/2022) pagi.

Koordinasi pada level pengambil kebijakan, didukung lagi dengan dioperasikannya Intelligent Transportation System (ITS) yang dimiliki Jasa Marga, di Jasa Marga Tollroad Command Centre (JMTC).

Heru mengatakan, dalam penanganan arus mudik lebaran, penggunaan JMTC ini membantu dengan menginformasikan secara real time.

Jika kapasitas lajur atau kapasitas gerbang sudah terpenuhi 60 persen dari kapasitas terpasang, maka akan diambil keputusan oleh Kepolisian sebagai pemegang diskresi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.