Kompas.com - 05/05/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang kondisinya harus tetap prima agar bisa digunakan secara optimal. Sebab, aki menjadi sumber utama saat menghidupkan mesin mobil.

Maka dari itu, pemilik kendaraan wajib memperhatikan perawatan dan ketika akan melakukan pergantian aki.

Jika ingin melakukan pergantian, ada baiknya memilih jenis aki yang sesuai dengan kendaraan. Pasalnya, jika kurang tepat dapat membuat pasokan arus listrik mobil terganggu.

“Penggunaan aki yang tidak sesuai dapat berimbas pada komponen elektrik lainnya. Parahnya lagi bisa memperpendek usia komponen kelistrikan. Itu sebabnya, memilih aki mobil harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan,” ucap Ivan Sebastian, owner dari Cakra Motor 11, belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Motor Tiba-tiba Sulit Distarter, Jangan Langsung Tuduh Aki Bermasalah

Tak hanya itu, menurut Ivan, aki mobil juga butuh perawatan, paling mudah dengan mengecek bagian terminal, jika timbul karat atau korosi, bisa gunakan air hangat untuk membersihkannya.

Selanjutnya, pemilik mobil bisa menggunakan sikat dan bersihkan bagian terminal. Pastikan jangan sampai tidak terpasang secara kencang, jika baut sudah mulai kendur atau kondisinya tak bagus, baiknya diganti dengan yang baru.

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

“Bagi mobil yang jarang dipakai, sebaiknya juga jangan malas untuk rutin memanaskan mesin. Karena dengan memanaskan mobil, maka bisa menjaga agar aki tetap bekerja dengan tujuan suplai listrik tetap tersedia,” kata Ivan.

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per Mei 2022.

Baca juga: 372.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek pada H1 sampai H2 Lebaran

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander

  • GS Astra

NS60 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS60S 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS40 32 Ah 12 V Rp 859.000
NS40Z 35 Ah 12 V Rp 918.000
NS40ZL 35 Ah 12 V Rp 918.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.