Antisipasi Kemacetan, Tol Cikampek dari Arah Dalam Kota Ditutup Sementara

Kompas.com - 06/05/2022, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sementara Tol Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok mulai pukul 10.45 WIB hari ini, Jumat (6/5/2022).

Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi arus ke arah Timur yang terpantau masih cukup tinggi sejak jelang periode arus balik mudik Idul Fitri 1443 atau Lebaran 2022 Kamis (5/5/2022) kemarin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa rekayasa ini akan dilakukan secara situasional. Artinya, dihentikan apabila petugas di lapangan melihat arus lalu lintas lancar kembali.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Jasa Marga Terapkan Rekayasa Buka Tutup Rest Area

Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi. Inilah tarif tol Jakarta - Surabaya terbaru 2022 untuk semua jenis kendaraan.

"Pukul 10.45 WIB Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat.

"Akses menuju Tol Cikampek bisa lewat toll JORR," lanjut Sambodo.

Sementara itu, dalam upaya mengurai kepadatan pada hari pertama arus balik Lebaran 2022 Polda Metro Jaya juga menerapkan sistem satu arah atau one way di ruas jalan tol menuju Gerbang Tol Halim.

Pasalnya, menurut Sambodo terdapat kurang lebih 1,2 juta kendaraan dari luar daerah yang diperkirakan bakal masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Halim.

Baca juga: Arus Balik Lebaran Mulai Meningkat, 60.000 Kendaraan Masuk Jabodetabek

Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 pada Jumat (6/5/2022) pukul 10.10 WIBKOMPAS.COM/FARIDA Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 pada Jumat (6/5/2022) pukul 10.10 WIB

Kendaraan tersebut datang dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa barat melalui Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) dan Kalihurip Utama (Kalitama).

"Kalau kami jumlahkan kurang lebih ada 1,2 juta kendaraan yang nanti akan lewat Gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk dari arah timur ke kota Jakarta," ujar Sambodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.