Kompas.com - 06/05/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi mencatat ada 11.000 unit kendaraan dari luar Bogor yang bergerak memasuki area Bogor sejak Kamis (5/5/2022) pagi. Arus kendaraan pada kawasan wisata tersebut kembali padat.

"Kondisi arus lalin pagi hari ini yang menuju ke arah Puncak berdasarkan perhitungan statistik kami, sudah masuk di 11.000 terhitung dari jam 5 pagi," ucap Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin seperti dikutip Kompas Regional, Kamis.

Sejak Kamis pagi, Iman menjelaskan bahwa pengguna kendaraan pribadi terus bergerak memadati kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Jumlah kendaraan tersebut dikatakan meningkat, jika dibandingkan dengan arus lalu lintas kendaraan pada Rabu (4/5/2022) yang lalu. Angka 11.000 tersebut terhitung meningkat, hanya dalam kurun waktu 3 jam saja.

Untuk mengurai kemacetan tersebut, polisi memberlakukan kembali skema rekayasa lalu lintas satu arah atau one way, mulai dari Simpang Gadog sampai dengan Puncak Pass, perbatasan Cianjur.

"Saat ini kami melaksanakan proses one way yang nanti akan diarahkan arus ke atas semuanya menuju ke Puncak atau arah Cianjur dari Jakarta," ucap Iman.

Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

Kemudian, polisi juga menerapkan skema rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arus di pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi atau Km 45, arah Jakarta menuju Puncak Bogor.

Contraflow diberlakukan untuk memecah arus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Iman mengimbau masyarakat yang melintasi kawasan Puncak Bogor untuk mempersiapkan kesehatan dan kesiapan fisik, serta mengecek kesiapan atau kealikan jalan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.