Kompas.com - 06/05/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi kepadatan di jalan arteri yang mengarah ke area wisata Pantai Pangandaran, Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif pantai selatan khususnya selama libur Lebaran ini.

"Untuk menghindari kemacetan, penumpukan pemudik dan jalur yang padat, pemudik dapat menggunakan beberapa jalur alterinatif yang telah direncanakan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo seperti dikutip Antara, Kamis (5/5/2022).

Selain itu, Tompo menjelaskan bahwa sejak H+2 Lebaran, ada puluhan ribu wisatawan yang terus berdatangan ke kawasan wisata Pantai Pangandaran, menyebabkan kemacetan parah di area tersebut.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Tompo juga menjelaskan, ada sejumlah jalur alternatif yang telah dicek dan disiapkan untuk dimanfaatkan oleh para wisatawan. Jika wisatawan berangkat dari area Bandung, jalur alternatif yang bisa dilalui adalah jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju Cidaun, Cianjur.

Kemudian, wisatawan bisa menelusuri jalur pantai selatan ke arah timur. Melewati area ini, wisatawan juga akan disuguhkan dengan berbagai obyek wisata lainnya.

Beberapa obyek wisata tersebut, lanjut Ibrahim, di antaranya adalah Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang dan Parigi.

Kawasan Kalipucang menuju Pantai Pangandaran macet parah dan kawasan Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, macet sampai 10 kilometer sejak Rabu (4/5/2022) malam kemarin.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kawasan Kalipucang menuju Pantai Pangandaran macet parah dan kawasan Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, macet sampai 10 kilometer sejak Rabu (4/5/2022) malam kemarin.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

Sedangkan wisatawan dari arah Jakarta bisa menikmati jalur alternatif pantai selatan ini, mulai dari titik Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Beberapa kawasan wisata yang bisa dinikmati jika melalui jalur ini di antaranya adalah Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabina dan Sindang Barang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.