Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Arah Pangandaran Padat, Polisi Siapkan Jalur Alternatif

Kompas.com - 06/05/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi kepadatan di jalan arteri yang mengarah ke area wisata Pantai Pangandaran, Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif pantai selatan khususnya selama libur Lebaran ini.

"Untuk menghindari kemacetan, penumpukan pemudik dan jalur yang padat, pemudik dapat menggunakan beberapa jalur alterinatif yang telah direncanakan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo seperti dikutip Antara, Kamis (5/5/2022).

Selain itu, Tompo menjelaskan bahwa sejak H+2 Lebaran, ada puluhan ribu wisatawan yang terus berdatangan ke kawasan wisata Pantai Pangandaran, menyebabkan kemacetan parah di area tersebut.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Tompo juga menjelaskan, ada sejumlah jalur alternatif yang telah dicek dan disiapkan untuk dimanfaatkan oleh para wisatawan. Jika wisatawan berangkat dari area Bandung, jalur alternatif yang bisa dilalui adalah jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju Cidaun, Cianjur.

Kemudian, wisatawan bisa menelusuri jalur pantai selatan ke arah timur. Melewati area ini, wisatawan juga akan disuguhkan dengan berbagai obyek wisata lainnya.

Beberapa obyek wisata tersebut, lanjut Ibrahim, di antaranya adalah Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang dan Parigi.

Kawasan Kalipucang menuju Pantai Pangandaran macet parah dan kawasan Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, macet sampai 10 kilometer sejak Rabu (4/5/2022) malam kemarin.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kawasan Kalipucang menuju Pantai Pangandaran macet parah dan kawasan Gentong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, macet sampai 10 kilometer sejak Rabu (4/5/2022) malam kemarin.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

Sedangkan wisatawan dari arah Jakarta bisa menikmati jalur alternatif pantai selatan ini, mulai dari titik Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Beberapa kawasan wisata yang bisa dinikmati jika melalui jalur ini di antaranya adalah Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabina dan Sindang Barang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com