Begini Teknik Menginjak Pedal Gas Saat Kondisi Jalan Macet di Tanjakan

Kompas.com - 04/05/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur lebaran biasanya dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Entah itu pergi ke rumah sanak saudara, atau berlibur ke tempat wisata di luar daerah.

Otomatis lalu lintas juga menjadi padat dan mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan arteri maupun tol. Terlebih bila tujuan tamasya ke wilayah pegunungan, pengemudi perlu untuk sedikit berwaspada

Dalam kondisi macet di tanjakan, tentu membutuhkan teknik khusus, apalagi bagi para pengemudi mobil transmisi manual. Bertemu tanjakan dalam kondisi macet memang memberikan tantangan dan kesulitan tersendiri.

Baca juga: Liburan Long Weekend, Ini Cara Cek Tarif Tol Secara Online

Saat mobil manual berhenti di tanjakan, kaki kiri harus menekan pedal kopling dan kaki kanan ada di pedal rem. Lalu, saat mau berjalan lagi, tak sedikit pengemudi yang panik karena mobil bergerak mundur ketika kaki kanan pindah ke pedal gas.

Siang Ini, Arah Pantai Anyer MacetKOMPAS.COM/RASYID RIDHO Siang Ini, Arah Pantai Anyer Macet

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultang Indonesia, mengatakan, pastikan mobil memiliki momen yang cukup agar awalan mobil menanjak bertenaga. Ambil ancang-ancang gas dan pertahankan putaran mesin sesuai derajat kemiringan.

"Ketika mobil berhenti di tanjakan, atur jarak aman, dengan mobil di depan. Pengemudi diimbau tidak terlalu mepet agar ada ruang. Begitu pula saat mobil sudah mulai berjalan, atur jaraknya," ujar Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fisik, Lantunan Musik, dan Persiapan Arus Balik Mudik

Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.Youtube Sitinjau Lauik Truk Video Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.

Sony menambahkan, ketika berhenti di tanjakan, tarik rem tangan, dan injak kopling. Kemudian, saat mulai jalan, injak pedal gas dibarengi dengan mengangkat kopling.

"Saat mobil terasa bergerak namun tertahan, lepas rem tangan," kata Sony.

Saat mobil dalam kondisi diam di tanjakan, sangat disarankan untuk tidak menggantung kopling. Sebab, kondisi tersebut akan membuat kopling aus dan usianya jadi lebih pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.