Rute Alternatif Jakarta-Bandung Selama Puncak Arus Balik Lebaran 2022

Kompas.com - 04/05/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) akan kembali melakukan rekayasa lalu lintas berupa satu arah alias one way dan ganjil genap di berbagai ruas tol selama arus balik Lebaran 2022, yakni 6-8 Mei 2022.

Dalam upaya mengantisipasi kepadatan dan menjaga kenyamanan para penguna kendaraan bermotor selama periode tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung.

Pertama, melalui jalur Jagorawi - Puncak - Cisarua - Cipanas - Cianjur - Sukaluyu - Cipatat - Padalarang - Bandung.

Baca juga: One Way dan Ganjil Genap Arus Balik, dari Semarang sampai Cikampek

Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

Alternatif kedua, pengendara bisa lewat Jagorawi - Cibubur - Cileungsi - Jonggol - Cianjur - Padalarang - Bandung. Atau, bisa juga Kalimalang - Kedung Waringin - Karawang - Purwakarta - Wanayasa - Lembang - Bandung.

Rute terakhir yang bisa dipilih ialah, Kalimalang - Kedung Waringin - Karawang - Purwakarta - Sukatani - Darangdan - Cikalong - Padalarang - Bandung.

“Bagi masyarakat yang akan balik ke Jakarta, silahkan sesuaikan dengan Jadwal One way yang sudah kita siapkan sesuai jadwal," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (4/5/2022).

Rute alternatif Jakarta-Bandung saat Arus Balik Lebaran 2022dok.PoldaMetroJaya Rute alternatif Jakarta-Bandung saat Arus Balik Lebaran 2022

"Jika lelah dan mengantuk silahkan istirahat di rest area yang telah disiapkan,” lanjutnya.

Adapun rekayasa lalu lintas arus balik mulai berlaku Jumat besok dengan skema one way, ganjil genap, dan contraflow. Tiap kebijakan bisa berubah sesuai dengan kondisi lapangan seperti yang diberlakukan pada arus mudik kemarin.

Baca juga: Bakal Macet, Pemudik Diimbau Hindari Puncak Arus Balik

Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Menurut Korlantas Polri terjadi peningkatan arus kendaraan pemudik dari Jakarta pada Jumat (29/4) malam.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Menurut Korlantas Polri terjadi peningkatan arus kendaraan pemudik dari Jakarta pada Jumat (29/4) malam.

Rinciannya, rekayasa lalu lintas arus balik menuju arah Jakarta akan dimulai pada Jumat (6/5/2022) sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, mulai dari KM 414 sampai dengan KM 47.

Selanjutnya, rekayasa lalu lintas dilanjutkan pada Sabtu (7/5/2022) sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, meliputi lajur KM 414 sampai dengan KM 3 + 500.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.