Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Polres Metro Bekasi Siapkan Pos Pengamanan

Kompas.com - 04/05/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Bekasi, Komisaris Polisi Arga Dija Putra mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan untuk antisipasi arus balik Lebaran 2022.

Hal tersebut dialkukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik yang hendak kembali ke wilayah Jakarta dari kampung halaman setelah berlibur pada pekan kemarin.

Pada wilayah hukum Polres Metro Bekasi, sedikitnya ada tiga jalur yang digunakan untuk pemudik yakni jalur Tol, Kalimalang, dan Pantura. Setiap jalur tersebut, didirikan pos pengamanan dan pelayanan.

Baca juga: Usai Perjalanan Mudik, Jangan Lupa Urut Kaki-kaki Mobil

Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.

Menurut Arga, total ada 11 pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Selanjutnya pada jalur tol, ada juga rest area di KM 19, 33, dan 39.

"Kita siapkan pos-pos pengamanan atau pelayanan dan personel di jalur yang dilalui para pemudik untuk arus balik," katanya kepada Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Hanya saja khusus pada arus balik, pos pelayanan pindah lokasi yang tadinya di PT.ibu kedungwaringin sekarang berpindah ke Waterboom kedungwaringin.

Arga melanjutkan, untuk puncak arus balik baik itu mobil ataupun motor akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Menurut dia, selama itu akan dilakukan pengawalan agar kondisi lalu lintas juga tetap dalam keadaan kondusif.

Baca juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bogor karena Kelelahan, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Pengendara sepeda motor sedang berhenti di lampu merah di Jalur Pantura Kota Tegal, Jumat (29/4/2022). 

Tribun Jateng/Fajar Bahruddin Achmad Pengendara sepeda motor sedang berhenti di lampu merah di Jalur Pantura Kota Tegal, Jumat (29/4/2022).

"Pos pelayanan saja yang pindah lokasi saat arus balik ke Waterboom kedungwaringin," kata Arga.

“Secara umum, kita dirikan 6 pos pengamanan dan dua pos pelayanan mulai perbatasan Bekasi kota, Sasak Jarak, sampai Kedung Waringin. Nanti akan ada semacam rest area mini khusus untuk pengguna motor,” tutur dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.