Kompas.com - 04/05/2022, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang wisatawan paruh baya asal Jakarta meninggal dunia saat berwisata ke Taman Safari di Puncak Bogor, Jawa Barat pada pukul 10.00 WIB, Selasa (3/5/2022) lalu.

Kasatlanatas Polres Bogor Ajun Komisaris Dicky Anggi Pranata menyebut, kondisi terkait diduga karena kelelahan mengemudi. Petugas kepolisian di sekitar langsung melakukan evakuasi korban ke RSUD Ciawi.

"Tadi siang yang bersangkutan meninggal dunia karena kelelahan, pria paruh baya," kata Dicky di Pospol Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa malam.

Baca juga: Bakal Macet, Pemudik Diimbau Hindari Puncak Arus Balik

Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.

Menanggapi hal tersebut, Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan kembali kepada seluruh wisatawan agar tidak pernah menargetkan perjalanan sampai tujuan.

Terlebih, ketika libur panjang seperti sekarang karena volume kendaraan bermotor menjadi lebih padat daripada biasanya. Sebaiknya, pengemudi maupun penumpang tetap mengutamakan keselamatan diri.

"Sebenarnya banyak faktor, tapi kasus seperti ini biasanya karena adanya penyakit bawaan ditambah yang bersangkutan tidak sadar akan hal itu," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

"Faktor emosi mungkin ya, karena ada rekayasa lalu lintas, dikejar waktu, kesal, dan sebagainya. Jadi, jangan pernah target-targetan untuk sampai tujuan karena akan lebih lelah pikirannya," lanjut Sony.

Ia pun mengimbau agar setiap wisatawan atau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan liburan, baik jarak menengah maupun panjang, agar menyiapkan fisik maupun mental, di samping kendaraannya sendiri.

Baca juga: Ini Pentingnya Co-driver Saat Berkendara Jarak Jauh

Jasa Marga melakukan sistem buka tutup di Tol Jagorawi arah Ciawi, imbas kepadatan di kawasan Puncak, Bogor Jawa Barat, Rabu (4/5/2022) siang.Dokumentasi Jasa Marga Jasa Marga melakukan sistem buka tutup di Tol Jagorawi arah Ciawi, imbas kepadatan di kawasan Puncak, Bogor Jawa Barat, Rabu (4/5/2022) siang.

"Itulah mengapa mengemudi harus siap secara fisik maupun mental agar mengantisipasi hal yang diluar prediksi," ujar Sony.

Kronologi 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.