Kompas.com - 04/05/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022.

Hal ini tentu menjadi kabar yang membahagiakan bagi banyak orang, sebab pada kebijakan dua tahun sebelumnya, mudik sempat dilarang akibat pandemi Covid-19.

Usai melakukan perjalanan mudik, disarankan untuk tidak lupa mengecek kondisi kendaraan. Salah satunya adalah memeriksakan bagian kaki-kaki mobil.

Seperti diketahui, selain menjadi alas untuk pergerakan mobil, roda juga menjadi tumpuan dalam menahan bobot kendaraan.

Belum lagi dengan medan perjalanan yang sangat bervariasi serta waktu tempuh yang cukup lama, membuat komponen tersebut memiliki kerja yang cukup berat.

Baca juga: Mudik 2022, Ada Dua Masalah Utama pada Arus Lalu Lintas Menurut BPJT

Maka dari itu, untuk memastikan kenyamanan ketika mobil akan digunakan kembali penting untuk melakukan pengecekan pada sektor kaki-kaki.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, pengecekan terhadap roda memang cukup jarang diperhatikan.

Biasanya bila tidak ada masalah, pemilik mobil cenderung mengabaikan kondisinya, padahal dengan melakukan pengecekan lebih awal bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

“Akibat perjalanan jauh dengan melewati ragam medan, bisa saja membuat masalah pada kaki-kaki seperti terjadi pergeseran sehingga roda tak normal seperti semula,” ujar Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

Kondisi ini tentu membuat mobil menjadi tidak nyaman dikendarai, karena itu sebaiknya diberikan perhatian lebih sebelum mobil kembali digunakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.