Kompas.com - 01/05/2022, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez berhasil dapat posisi start di urutan kelima. Catatan waktunya membaik berkat bantuan dari Jack Miller.

Pebalap Repsol Honda tersebut sengaja melakukan lap di belakang Miller saat sesi latihan bebas FP3 untuk bisa langsung masuk sesi kualifikasi Q2. Dengan bantuan slipstream, catatan waktu Marquez tentu semakin membaik.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Pole Position Pertama Kali

Marquez pun mengakui, mengikuti pebalap lain merupakan strateginya sejak awal. Sebab, dia menyadari performanya tidak sekompetitif yang lainnya.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

"Saya menyadari bahwa para pemimpin memang lebih kencang dari kami di semua tempat hari ini. Mereka benar-benar memiliki kecepatan yang berbeda," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (1/5/2022).

Marquez mengatakan, dia mengikuti lawan karena para rivalnya berada di level yang berbeda. Hari ini, dia ingin berjuang di Q2 dengan metode tersebut.

Baca juga: Sponsori Gresini Racing di MotoGP Sukses Dorong Penjualan Federal Oil

"Sendirian, saya bisa membalap di 1 menit 37,3 detik atau 1 menit 37,4 detik. Tapi, dengan slipstream yang bagus saya bisa meningkat hingga 0,2 detik menjadi 1 menit 37,145 detik," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Strategi tersebut disindir oleh Ducati Corse di Twitter, pada video unggahan @MotoGP. Dalam video tersebut, Marquez terlihat membuntuti Miller.

"Ke mana kami harus mengirimkan tagihan untuk layanan, @HRC_MotoGP? Kami masih menunggu pembayaran dari tahun lalu!" tulis Ducati.

"Kami akan selesaikan tagihan kami di GP Jepang," balas @HRC_MotoGP.

Ducati sindir Honda soal strategi slipstream Marc Marquez pada Jack MillerDok. @ducaticorse Ducati sindir Honda soal strategi slipstream Marc Marquez pada Jack Miller

Menurut sebagian pebalap, strategi slipstream tersebut dinilai cukup licik. Dengan melakukan slipstream, bisa saja catatan waktu pebalap yang ada di belakang lebih baik dari pebalap yang diikuti.

Miller sendiri santai menanggapi strategi slipstream tersebut. Menurutnya, itu sudah menjadi bagian dari balapan. Semua pebalap juga pernah berada dalam situasi yang sama.

"Reaksi saya masih sama seperti biasanya, ada 24 motor lainnya di sekitar Anda, apa yang membedakan jika ada satu pebalap di belakang Anda? Itu adalah bagian dari permainan. Jika seseorang menghabiskan energinya karena hal itu, itu adalah strategi yang bodoh menurut saya," ujar Miller.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.