Kompas.com - 28/04/2022, 20:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat, sebanyak 8.474 unit kendaraaan dari arah Pulau Jawa telah memasuki Pulau Sumatera via Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-5 jelang Lebaran 2022.

Angka tersebut merupakan jumlah volume lalu lintas yang masuk ke JTTS via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan per-Rabu (27/4/2022) kemarin. Sampai saat ini, tingkat volumenya terus meningkat.

"VLL kendaraan yang memasuki JTTS melalui GT Bakauheni Selatan ini meningkat 95,03 persen dibanding lalu lintas pada periode normal saat Maret 2022," kata Dwi Aryono Bayuaji, Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya.

Baca juga: H-5 Lebaran, Kendaraan yang Lewat Tol Jakarta-Cikampek Naik 141 Persen

186.536 Kendaraan Lalui JTTS Selama Libur Lebaran, Hutama Karya Prediksi Lonjakan lalu Lintas Terjadi Hari IniHutama Karya 186.536 Kendaraan Lalui JTTS Selama Libur Lebaran, Hutama Karya Prediksi Lonjakan lalu Lintas Terjadi Hari Ini

Ia lantas memprediksi jumlah kendaraan yang masuk wilayah JTTS akan terus meningkat sampai pada puncak arus mudik yang terjadi Jumat (29/4/2022) besok.

Hal tersebut seiring dengan cuti bersama yang baru mulai diterapkan di tanggal itu.

Adapun mayoritas kendaraan yang melintas tadi, rata-rata menuju arah Lampung via GT Kotabaru dan Palembang via GT Kayuagung & GT Palembang.

“Untuk mitigasi kepadatan, kami telah siapkan mobile reader serta berbagai skema pengalihan lalu lintas. Petugas akan siaga 24 jam untuk memantau kelancaran arus mudik,” ujar Dwi.

Baca juga: Mudik ke Jawa Tengah, Ini Lokasi SPBU Pertamina di Jalan Tol

Hutama karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Patuhi kecepatan minimum dan maksimum yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Serta pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.