Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Evaluasi, Kepadatan di Tol Cikampek Imbas Rest Area Cipali

Kompas.com - 28/04/2022, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terjadinya kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hari ini dikarenakan penumpukan di rest area Tol Cipali.

"Yang jadi penyebab adalah adanya kepadatan di Tol Cipali (rest area) yang berimbas pada kepadatan di Tol Cikampek. Namun demikian, pihak pengelola dan kepolisian sudah berkoordinasi melakukan berbagai rekayasa," ujar Adita dalam konferensi pers update mudik Lebaran, Kamis (28/4/2022).

"Saat ini sudah terpantau kepadatan terurai, Cikampek sudah mulai kondusif dilalui. Penanganan melalui contraflow atas diskresi Korlantas Polri sehingga menjadi solusi," katanya.

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2022, Kepadatan Terjadi di Gerbang Tol Cikampek


Lebih lanjut Adita mengatakan, untuk mencegah kepadatan, khususnya di rest area Tol Cipali, Kemenhub sudah memberikan perhatian khusus agar ada penanganan perioritas.

Namun demikian, Adita juga meminta agar masyarakat mematuhi aturan yang berlaku saat berada di rest area, yakni maksimal 30 menit.

"Untuk menghindari penumpukan dan bisa lancar perjalanan agar tidak terjadi antrean masuk yang memakan bahu jalan," ucap Adita.

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Baca juga: [VIDEO] Keseruan Tim Merapah Trans-Jawa 2022 Eksplorasi Jalur Mudik

Hal senada juga diungkapkan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, yang menjelaskan terjadinya kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama merupakan dampak dari kemacetan di Tol Cipali.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NTMC POLRI (@ntmc_polri)

"Kepadatan yang terjadi pada pagi hari di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, merupakan kepadatan yang tersambung dengan ekor kepadatan di Jalan Tol Cipali akibat akses masuk rest area KM 86 Jalan Tol Cipali," ucap Heru dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com