Video Pelabuhan Merak Padat, Mulai Lancar Pagi Ini

Kompas.com - 27/04/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang diunggah akun TikTok Ellyeboy56 memperlihatkan kondisi Pelabuhan Merak pada Selasa (27/4/2022) Malam.

Terlihat antrean mobil saat mau masuk ke kapal cukup panjang. Bahkan disebutkan kalau kondisinya di sana sedang macet total.

"Diharapkan yang mau mudik, siang-siang maupun pagi, kalau malam tidak bergerak sama sekali," ucapnya dalam video tersebut yang dikutip Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Prediksi Puncak Arus Mudik di Tol Tangerang - Merak

@ellyeboy56

 

? suara asli - @Egi pranata

 

Bahkan padatnya Pelabuhan Merak membuat ujung antreannya sampai ke Gerbang Tol (GT) Merak sepanjang 3 km.

Dikutip dari Kompas Regional, Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah membenarkan adanya antrean kendaraan yang terjadi di Gerbang Tol Merak pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

"Terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, yang mengakibatkan ekor antrian kendaraan sampai memasuki tol Merak mulai jam 23.30 WIB," kata Uswatun kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Bahaya Bawa Kasur di Kabin Mobil Saat Mudik

Kemacetan terjadi dari KM 95 sampai gerbang tol Merak di KM 98. Namun, antrean dapat terurai pada pukul 4.30 WIB.

"Jam 5.00 WIB sampai di KM 97, dan jam 6.00 WIB tadi sudah lancar kembali, landai," ujar Uswatun.

Pengelola jalan Tol Tangerang Merak terus melakukan koordinasi dengan PT ASDP dan pihak kepolisian agar kemacetan cepat terurai. Saat terjadi kemacetan di GT Merak, lanjut Uswatun, pihak kepolisan melakukan diskresi arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang-Merak, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). Astra Tol memprediksi puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Tol Tangerang-Merak terjadi pada Jumat (29/4) dengan perkiraan volume kendaraan mencapai 184.290 unit atau naik 17,8 persen.ANTARA FOTO/FAUZAN Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang-Merak, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). Astra Tol memprediksi puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Tol Tangerang-Merak terjadi pada Jumat (29/4) dengan perkiraan volume kendaraan mencapai 184.290 unit atau naik 17,8 persen.

"Polisi melakukan buka tutup di GT Merak, juga di Cikupa arah (pelabuhan) Merak," kata dia.

Untuk mencegah terjebak di tengah jalan tol ketika pelabuhan Merak sedang padat, Uswatun mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang menuju Pelabuhan Merak melalui Variable Message Sign (VMS) atau semacam pengumuman digital dan informasi di GT Cikupa agar memanfaatkan rest Area di KM 68 A.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.