Kompas.com - 27/04/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Musim mudik Lebaran kembali dimulai sejak pemerintah memberikan izin. Kepadatan lalu lintas di beberapa jalan pun sudah mulai terasa.

Serupa dengan dua tahun lalu, banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor.

Hal tersebut dikarenakan lebih fleksibel dalam perjalanan. Termasuk dalam pemilihan jam keberangkatan, baik siang ataupun malam, pemudik bisa memutuskan sendiri.

Mudik malam hari bagi sebagian dirasa lebih sepi sehingga cepat sampai tujuan. Sedangkan untuk berangkat siang, menyajikan pemandangan yang lebih baik .

Baca juga: Mencegah Kantuk Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Aturan PPDN terbaru dan kriteria pemudik yang harus memenuhi syarat mudik Lebaran 2022 terbaru wajib PCRKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Aturan PPDN terbaru dan kriteria pemudik yang harus memenuhi syarat mudik Lebaran 2022 terbaru wajib PCR

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, soal pemilihan melakukan perjalanan jarak jauh ini memang tergantung kenyamanan masing-masing.

“Ketika berkendara jarak jauh memang unik, setiap orang punya opini berbeda-beda dalam memilih waktu. Menyetir terang (siang) atau atau gelap (malam). Semua biasanya selalu dikaitkan dari sisi kenyamanan,” ujar Sony beberapa waktu lalu.

Meski begitu, soal pemilihan waktu ini Sony mengatakan, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Seperti saat berkendara siang hari kelebihannya adalah perjalanan yang dilakukan sesuai dengan siklus tubuh manusia yang beraktivitas di siang hari.

“Di samping itu berkendara siang hari tingkat visibilitas luas dan keamanan lebih terjamin, tetapi kekurangannya cuaca panas terlebih jika kondisi jalan macet,” katanya.

Baca juga: Mudik Lewat Bekasi, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintasnya

Sebaliknya, ketika memilih malam hari keuntungannya lebih nyaman karena tidak panas dan kondisi lalu lintas relatif lebih sepi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.