Kompas.com - 27/04/2022, 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol layang Jakarta-Cikampek atau Mohammed Bin Zayed (MBZ) akan dilakukan penutupan sementara atas diskresi kepolisian. Langkah ini diambil guna mengurai kemacetan arus mudik yang terjadi di Km 47.

Akses Tol Layang MBZ dari arah Jakarta ke Cikampek mulai ditutup sejak pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. Penutupan ini berlaku untuk akses menuju Cikampek.

Baca juga: Jadwal Lengkap Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Saat Mudik Lebaran

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, Tol ELevated MBZ sementara dilakukan buka-tutup.

Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-CikampekKEMENHUB Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek

"Karena kepadatan di Km 47, pertemuan antara yang dari elevated dan yang dari bawah. Nanti, kalau sudah cair akan kita buka kembali," ujar Sambodo, dalam keterangan resminya.

Berdasarkan unggahan di Instagram @tmcpoldametro, ruas Tol Layang MBZ sudah dibuka kembali sejak pukul 10.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Selain itu, pihak Jasa Marga juga sudah memberlakukan contraflow sejak pagi tadi, pukul 07.36 WIB, dari Km 47 (Karawang) hingga Gerbang Tol (GT Cikampek Utama Km 70.

Baca juga: Mencegah Kantuk Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan 3 gardu tol reversible arah Trans-Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hingga saat ini belum ada informasi kapan rekayasa lalu lintas contraflow berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.