Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Pelabuhan Merak Padat, Mulai Lancar Pagi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang diunggah akun TikTok Ellyeboy56 memperlihatkan kondisi Pelabuhan Merak pada Selasa (27/4/2022) Malam.

Terlihat antrean mobil saat mau masuk ke kapal cukup panjang. Bahkan disebutkan kalau kondisinya di sana sedang macet total.

"Diharapkan yang mau mudik, siang-siang maupun pagi, kalau malam tidak bergerak sama sekali," ucapnya dalam video tersebut yang dikutip Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Bahkan padatnya Pelabuhan Merak membuat ujung antreannya sampai ke Gerbang Tol (GT) Merak sepanjang 3 km.

Dikutip dari Kompas Regional, Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah membenarkan adanya antrean kendaraan yang terjadi di Gerbang Tol Merak pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

"Terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, yang mengakibatkan ekor antrian kendaraan sampai memasuki tol Merak mulai jam 23.30 WIB," kata Uswatun kepada Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Kemacetan terjadi dari KM 95 sampai gerbang tol Merak di KM 98. Namun, antrean dapat terurai pada pukul 4.30 WIB.

"Jam 5.00 WIB sampai di KM 97, dan jam 6.00 WIB tadi sudah lancar kembali, landai," ujar Uswatun.

Pengelola jalan Tol Tangerang Merak terus melakukan koordinasi dengan PT ASDP dan pihak kepolisian agar kemacetan cepat terurai. Saat terjadi kemacetan di GT Merak, lanjut Uswatun, pihak kepolisan melakukan diskresi arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Polisi melakukan buka tutup di GT Merak, juga di Cikupa arah (pelabuhan) Merak," kata dia.

Untuk mencegah terjebak di tengah jalan tol ketika pelabuhan Merak sedang padat, Uswatun mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang menuju Pelabuhan Merak melalui Variable Message Sign (VMS) atau semacam pengumuman digital dan informasi di GT Cikupa agar memanfaatkan rest Area di KM 68 A.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/27/134100615/video-pelabuhan-merak-padat-mulai-lancar-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke