Polisi Antisipasi Kemacetan di Jalur Kalimalang Usai Buka Puasa

Kompas.com - 27/04/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan arteri di kawasan Kalimalang hingga Kota Bekasi jadi pilihan utama pemudik motor. Bahkan saat ini pemudik yang menggunakan mobil pribadi juga dialihkan ke jalan arteri karena padatnya lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Rajawali) Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian mengatakan, pihaknya bakal mengantisipasi kepadatan kerap terjadi seusai buka puasa.

"Para pemudik selama ini pengalaman kita setelah buka puasa (mulai ramai). Setelah buka nanti mereka jalan," ujar Ganda, disitat dari Antara (27/4/2022).

Baca juga: Bus Karyawan Mewah, Double Decker Baru Vale by Sinar Jaya

Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022).TRIBUN JAKARTA/BIMA PUTRA Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022).

Ganda mengatakan pada pagi hingga sore hari, arus lalu lintas umumnya dipadati oleh para warga lokal. Namun saat menjelang malam, sejumlah pemudik mulai melintasi jalur arteri menuju berbagai wilayah di Jawa Barat.

Menurutnya, para pemudik dapat diidentifikasi dari barang bawaan yang dibawa baik melalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kondisi itu juga berdasarkan pengalaman dua tahun ke belakang, sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

Baca juga: Catat, Operasional Kantor Samsat Saat Libur Lebaran

"Kalau malam terutama, memang ada kita identifikasi mau mudik. Itu terlihat dari barang-barang di atas itu, tapi belum banyak. Termasuk Roda dua sudah ada," ucap Ganda.

Ia menambahkan, selain melakukan pengaturan lalu lintas di lapangan, aparat bersama dinas perhubungan setempat juga memantau kondisi arus melalui CCTV yang terpasang di sejumlah titik.

Apabila terjadi antrean panjang, utamanya di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Jakarta, menuju ke persimpangan Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Yamaha Luncurkan XSR125 Legacy Edition, Makin Kental Nuansa Retro

Ahmad (35) seorang pemudik asal Jakarta Barat yang hendak mudik ke Semarang, Jawa Tengah saat ditemui Kompas.com pada Selasa (26/4/2022) malam. Ahmad mengaku bahwa pilihannya mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi rutinitasnya setiap kali dirinya pergi ke kampung halamannya di Semarang. Joy Andre T Ahmad (35) seorang pemudik asal Jakarta Barat yang hendak mudik ke Semarang, Jawa Tengah saat ditemui Kompas.com pada Selasa (26/4/2022) malam. Ahmad mengaku bahwa pilihannya mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi rutinitasnya setiap kali dirinya pergi ke kampung halamannya di Semarang.

"Ada 36 CCTV yang terus kita pantau," kata Ganda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.