Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Karyawan Mewah, Double Decker Baru Vale by Sinar Jaya

Kompas.com - 26/04/2022, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja merilis lima bus tingkat baru. Bus tersebut digunakan bukan untuk angkutan reguler atau AKAP, melainkan sebagai bus karyawan.

Bus tersebut merupakan milik Vale, sebuah perusahaan tambang mineral di daerah Sulawesi Selatan. Penyedia bus karyawan tersebut adalah Sinar Jaya, yang sebenarnya juga sedang membuat unit double decker untuk AKAP di Karoseri Adiputro.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, ada beberapa perbedaan antara Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) milik Vale dengan yang biasanya beroperasi sebagai bus reguler.

Baca juga: Detail Bus Baru SS Travel, Pakai Bodi Panorama dengan Interior Mewah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Dari tampilan eksterior, bus Vale menggunakan kelir putih dengan tambahan grafis biru dan hijau di bagian bawah. Selain itu di bagian kaca atas dipasang tameng besi dan rotator di atapnya.

"Itu tameng yang di atas adalah permintaan dari Vale. Ubahan lainnya ada di bagian kabin," ucap Yohan kepada Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Bus AKAP Baru PO New Shantika, Kaca Tunggal dan Sekat Los

Kabin Bus karyawan Vale pakai Jetbus 3+ SDDDOK. ADIPUTRO Kabin Bus karyawan Vale pakai Jetbus 3+ SDD

Ubahan paling terlihat adalah jumlah bangkunya yang lebih banyak. Kalau bus tingkat AKAP biasanya ada bangku sleeper di depan bawah, kemudian ada juga bangku super lebar dan di atas baru disusun 2-2.

Sedangkan untuk unit Vale, bangkunya disusun 2-2 semua, sehingga bisa memuat lebih banyak orang. Selain itu di bagian kabin juga tidak ada toilet.

"Sama dengan bus spek tambang, bus Vale ini tidak menggunakan ducting," ucap Yohan.

Biasanya di atas kepala penumpang ada bagasi kabin, sedangkan unit Vale tidak ada. Selain itu di kabinnya juga ada TV serta LED running text yang bisa memberikan berbagai informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com