Kompas.com - 23/04/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT), pengelola Ruas Tol Jagorawi, memastikan kesiapan menyambut arus mudik Lebaran 2022. Pemetaan titik lokasi potensi kepadatan juga sudah dilakukan.

Untuk arah arus mudik ke arah Bogor atau Ciawi antara lain, Km 7+200, Km 13+000, Km 36+400, selepas GT Bogor 1, dan GT Ciawi 1.

Sedangkan titik lokasi potensi kepadatan saat arus balik arah Jakarta, terdiri dari GT Ciawi 2, GT Sentul Selatan 2, Km 15+200 Simpang Susun (SS) Cimanggis arah Jakarta, Km 14+600, Km 8+800 Kanalisasi Pasar Rebo.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

Dalam menjaga kelancaran transaksi di Gerbang Tol, JMT memastikan seluruh gardu beroperasi makimal serta penambahan mobil reader dan petugas bantu tapping.

Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.Dok. Jasa Marga Ex GT Cimanggis Utama kembali jadi lajur utama Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.

Selain itu, pengecekan rutin sarana penunjang transaksi seperti Generator Set, kelistrikan serta perangkat peralatan tol, juga akan dilakukan guna memastikan fungsinya.

"Pada Ruas Tol Jagorawi, akan dilakukan penempatan petugas dan armada operasional pada lokasi yang berpotensi terjadinya kepadatan baik saat arus mudik maupun arus balik," kata General Manager Representative Office 1 Tri Wahyu Subekti, dalam keterangan resminya, Sabtu (23/4/2022).

Sementara untuk ruas JORR E terdapat beberapa lokasi potensi kepadatan saat arus mudik keluar Jakarta, yakni di Ramp 3 Km 45 + 200 Cikunir dan Ramp 1 Km 46+200.

Untuk lokasi potensi kepadatan saat arus balik menuju Jakarta, antara lain di GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 6.

Sebagai upaya kelancaran dan antisipasi kepadatan, JMT telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai operator jalan tol, yang secara situasional akan melakukan dua langkah penanganan, yakni:

Baca juga: Ingat Ada Ganjil Genap di Jalan Tol, Jangan Salah Pilih Tanggal Mudik


1. Ruas Jagorawi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.