Kompas.com - 23/04/2022, 11:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan akan digelar di sirkuit buatan yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), dengan panjang lintasan 2,4 km, lebar 12 meter dan jumlah 18 tikungan.

Baca juga: Pikap Adu Banteng dengan Toyota Kijang, Diduga Akibat Aquaplaning

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, sirkuit tidak dirancang buat balapan sepeda motor atau road race.

Mobil balap Formula E dikendarai Lucas di Grassi, unjuk gigi di depan publik Las Vegas.Formula E Holdings Mobil balap Formula E dikendarai Lucas di Grassi, unjuk gigi di depan publik Las Vegas.

"Motor tidak. Karena spesifikasinya beda. Kalau ini (Sirkuit Ancol) street," kata Irawan yang ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika melihat balapan Formula E di negara lain, sirkuit yang dipakai ialah jalan raya. Agar jalan umum tersebut bisa dibuat balapan, maka di beberapa titiknya atau mayoritas dipasangi pagar tinggi.

Irawan menjelaskan Sirkuit Ancol juga dibuat seperti itu. Karena itu penasehat Sirkuit Sentul tersebut mengatakan sirkuit di Jakarta Utara tersebut tidak cocok buat balap motor.

Baca juga: Balapan di Kandang, Miguel Oliveira Berusaha Tetap Rendah Hati

 

Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-PrixDok. FEO Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-Prix

Di sisi lain, Irawan mengatakan lebar trek 12 meter cukup untuk mobil Formula E. Sebab dengan lebar tersebut mobil masih punya cukup ruang untuk bisa menyalip lawan.

"Kalau di jalan raya, jalan dengan 3 jalur itu lebar standarnya 10,5 meter," kata Irawan.

Mobil Formula E Gen 2 saat ini punya panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter. Sedikit lebih kompak atau tidak selebar mobil Formula 1.

Sebagai perbandingan, mobil Mercedes-AMG F1 model W11 EQ Performance yang dipakai Lewis Hamilton memiliki panjang 5 meter, lebar 2 meter mm, dan tinggi 950 mm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.