Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem One Way Akan Diterapkan di Tol Cikampek-Kalikangkung

Kompas.com - 23/04/2022, 03:42 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk melancarkan arus mudik Lebaran 2022, akan dilakukan penerapan sistem satu arah atau one way yang rencananya berlaku dari Tol Cikampek sampai Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana menjelaskan, jika rencananya one way digelar pada tanggal 28 April 2022 atau 27 April 2022 sore, aka pihaknya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk pemudik khususnya di jalur Tol Cikampek dan jalur arteri wilayah Jawa Barat.

"Ke arah Timur, kendaraan yang melaju dari Timur ke Barat akan dialihkan ke jalur arteri, dari Bandung masuk tol biasa, nanti di KM di Purwakarta akan kita alihkan ke jalur Dawuan arteri seperti biasa," ucap Suntana seperti dikutip Kompas Regional, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Simak Lagi Tanggal dan Jam One Way Selama Arus Mudik 2022

Suntana juga mengatakan, pihaknya sempat mengecek jalur arteri dan jalan tol yang jadi rute pemudik. Kesiapan jalur dipastikan sudah cukup bagus dan lengkap dengan persiapan penerangan, serta rambu-rambu jalan.

Selain itu, telah disiapkan juga ratusan pos pengamanan (Pospam) oleh kepolisian dan pemerintah daerah, untuk mengamankan arus mudik dan juga tempat beristirahat.

"Selain tempat pengamanan, juga bisa dipakai untuk rekreasi, shalat dan istirahat, disiapkan juga tempat bermain anak dan ibu menyusui. Sesuai arahan Bapak Gubernur, kami siapkan sentra vaksinasi di seluruh pospam yang ada," ucap Suntana.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung tengah mengecek kesiapan pospam yang di bangun di beberapa titik lokasi di Bandung.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung tengah mengecek kesiapan pospam yang di bangun di beberapa titik lokasi di Bandung.

Baca juga: Gagal Menyalip, Dua Bus Adu Banteng di Purworejo

Adanya sentra vaksinasi ini juga untuk membantu mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, khususnya selama arus mudik saat ini. 

Kemudian terkaitpenerapan one way, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan bahwa sistem satu arah selama arus mudik akan diberlakukan jika contra flow tidak berjalan dengan lancar. 

"Ini mulai dari menambah satu lajur di contra flow. Apabila masih kurang, akan diterapkan one way dari Jakarta menuju arah timur (Jawa Tengah)," ucap Firman.

Sedangkan untuk periode waktunya, sistem one way direncanakan untuk diterapakn selama tiga hari, yaitu 28 April 2022 - 30 April 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com