Dampak Buruk Motor Mesin Standar Diisi BBM Bensol

Kompas.com - 23/04/2022, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor balap, dibutuhkan bahan bakar yang khusus. Pada umumnya, bahan bakar yang digunakan memiliki research octane number (RON) yang tinggi, seperti bensol.

Namun, ada juga pemilik motor yang tidak paham peruntukkannya. Sebagian beranggapan bensin dengan RON yang tinggi dapat meningkatkan performa mesin. Sehingga, mesin standar diisi dengan bensol.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan, bensol memiliki RON 108. Bahan bakar tersebut diperuntukkan bagi mesin dengan kompresi yang tinggi, bisa di atas 13 rasio kompresinya.

Baca juga: Ongkos Mudik Lebaran 2022 Jakarta-Semarang Pakai Innova Reborn Bensin

"Motor standar atau yang kompresinya tidak sesuai, jika diisi dengan bensol malah tidak ada tenaganya. Sebab, timing-nya sama kompresinya tidak terkejar. Malah ngempos, akselerasinya jadi lambat atau berat," ujar Tri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Street Race BSDKOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Street Race BSD

"Jadi, bensol itu hanya untuk mesin yang sudah direkondisi, kompresinya dinaikkan, timing-nya dimajukan, dan harus dicari optimumnya. Dengan begitu, mesinnya bisa dapat daya yang tinggi," katanya.

Tri mengatakan, bahan bakar yang RON-nya terlalu besar akan mengakibatkan daya hilang, sehingga boros dan emisi tinggi. Secara teknis, bahan bakar tidak terbakar semua.

Baca juga: Hitung Biaya Bensin Full Tank Honda Mobilio untuk Mudik Lebaran 2022

Berikut ini nilai oktan atau RON yang ideal sesuai dengan rasio kompresi mesin:
RON 88 - 7-9 : 1
RON 90 - 9-10 : 1
RON 92 - 10-11 : 1
RON 95 - 11-12 : 1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.