Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

Kompas.com - 22/04/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini, banyak pemilik mobil yang belum menyadari fungsi dari tuas kecil yang ada di spion tengah alias spion kabin.

Bahkan tak banyak yang menganggap bila tuas itu hanya sekadar pajangan semata. Padahal fungsinya cukup berguna dan terbilang vital, terutama saat berkendara malam hari.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, fungsi dari tuas kecil pada spion ini untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain dari arah belakang.

"Bila kita berkendara malam hari, kadang suka ada pengendara di belakang yang gemar memainkan lampu jauh atau high-beam," ujar Suparna, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Faktor Kenapa 3 Rekayasa Lalu Lintas Dilakukan Sekaligus saat Mudik

Fungsi spion tengah pada kabins515i.com Fungsi spion tengah pada kabin

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, fungsi dari tuas kecil pada spion ini untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain dari arah belakang. 

"Dalam kondisi tertentu itu bisa sangat mengganggu kita karena pantulan cahayanya bila masuk kabin dan terpantul kaca spion tengah yang akan bikin silau," kata dia.

Untuk mengurangi intensitas dari bias cahaya atau pantulan mobil di belakang, pengendara bisa mengaktifkan tuas dengan cara menurunkan atau menaikkan.

Menurut Suparna, hal ini akan membuat pengendara tidak akan merasa silau. Jadi meski keberadaan tuas tersebut terlihat sepele, namun fungsinya sangat membantu dalam hal keselamatan berkendara.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

Baca juga: DFSK Mulai Diterpa Masalah Serius, Puluhan Karyawan Kena PHK

Interior Kia Seltos DieselKompas.com/ApridaMegaNanda Interior Kia Seltos Diesel

"Tuas ini kebanyakan ada pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah pakai spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi," kata dia.

Dengan mengatur kaca spion secara benar, akan memastikan dapat selalu melihat apa yang terjadi di belakang mobil. Hal ini perlu dilakukan dengan seksama, terlebih buat mobil yang tidak memiliki fitur canggih seperti blind spot monitoring atau kamera mundur.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.