Ganjil Genap Saat Arus Mudik, Polisi Minta Pemudik Sadar Diri

Kompas.com - 22/04/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan mulai menerapkan skema pengaturan lalu lintas berupa ganjil genap dan satu jalur alias one way saat arus mudik Lebaran, Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB.

Berlangsung pada arah timur Jakarta, dari titik Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 414 tol Kalikangkung Semarang, bagaimana para petugas mengawasinya?

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengajak calon pemudik tertib sendiri dengan adanya aturan ini. Dia pun meminta masyarakat berangkat mudik sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Baca juga: Dishub Kota Semarang Siapkan Jalur Alternatif selama Arus Mudik

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.

"Kami tidak ingin memposisikan sebagai yang melakukan penindakan hukuman selama kegiatan ini dilaksanakan," ujar dia, dikutip Jumat (22/6/2022).

"Jadi saya tidak akan mengatakan saya apakan (bagi yang melanggar). Tapi kalau masyarakat yang melanggar lalu dapatkan sanksi tentunya ini tidak kita harapkan. Jadi mari kita patuhi saja khususnya gage," lanjut Firman.

Ia juga menjelaskan bahwa penerapan aturan ganjil genap selama arus mudik Lebaran 2022 nanti akan diterapkan secara situasional. Sebab skema pengaturan lalu lintas tersebut bisa saja berubah pada H-1.

Tentu saja, penindakan terkait akan seiring dengan kondisi lalu lintas di lapangan. Bila tidak terlalu padat, maka skema yang diterapkan tidak akan begitu ketat.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Namun, Korlantas Polri nampaknya tak akan melakukan pengecekan, baik secara langsung maupun tilang elektronik dalam bentuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang diterapkan di jalan tol sejak 1 April 2022 lalu.

Oleh karenanya, diminta kesadaran pemudik untuk mau mematuhi aturan ganjil genap saat mudik tanpa adanya penindakan.

"Yang akan screening (saat ganjil genap) siapa? Masyarakat kita ajak, jadi jangan diajarkan melanggar. Masyarakat diajak tertib, kalau mereka ada kesulitan jangan salahkan petugas, lebih baik saya ajak tertib," kata Firman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.