Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Harga Aki Mobil Jelang Lebaran 2022

Kompas.com - 22/04/2022, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat sudah mulai melakukan mudik Lebaran 2022. Sebagian besar pemudik menggunakan mobil pribadi dan mengarah ke daerah Jawa dengan melewati jalan Tol.

Jika Anda salah satu pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi kendaraan. Salah satunya yaitu soal aki mobil.

Perangkat penyimpanan energi listrik ini menjadi sumber utama untuk menghidupkan mesin mobil dan menjalankan perangkat kelistrikan lainnya.

Untuk itu, kondisi akumulator harus dipastikan selalu prima agar setiap komponen lain yang mengandalkan listrik dari aki agar bisa bekerja normal.

Baca juga: Update Harga Oli Mesin Motor Matik Jelang Lebaran

Seiring berjalannya waktu, komponen dalam aki lama-kelamaan akan melemah dan memiliki batas usia pakai. Jika sudah mencapai batas usia tersebut, performanya juga tidak lagi sebagus saat awal-awal digunakan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto 2000 mengatakan, ada beberapa tanda-tanda ketika aki mulai soak. Salah satunya adalah mobil sulit untuk dihidupkan.

“Kadang perlu beberapa kali starter. Apabila aki keadaan aki benar-benar parah, makan start akan didahului dengan bunyi tek-tek-tek atau ngek-ngek,” ucap Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Gejala lainnya bisa dilihat dari beberapa perangkat yang terhubung dengan listrik seperti lampu yang kurang terang atau bunyi klakson yang tidak begitu nyaring.

Menurut Suparna, pergantian aki sebetulnya tidak harus menunggu sampai tekor dan mogok. Namun jika sudah ada tanda seperti diatas sebaiknya langsung melakukan pengecekan dan segera diganti dengan yang baru.

Ia juga menjelaskan cara paling bagus mengantisipasi aki soak adalah saat service berkala dilakukan.

“Ketika service selalu lakukan pengecekan kondisi baterai dengan baterai tester. Nanti akan terlihat kondisinya, apakah merah (wajib ganti), kuning (segera ganti), atau hijau (masih oke),” kata dia.

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda.

Baca juga: Update Harga Ban Mobil Jelang Lebaran 2022

Berikut harga aki mobil per April 2022:

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander

GS Astra
NS60 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS60S 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS40 32 Ah 12 V Rp 859.000
NS40Z 35 Ah 12 V Rp 918.000
NS40ZL 35 Ah 12 V Rp 918.000

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com