Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Mudah Tergelincir Melewati Pelintasan Kereta?

Kompas.com - 21/04/2022, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMelewati pelintasan sebidang kereta api butuh ekstra hati-hati. Pengendara motor bahkan sering kesusahan saat lewat, bahkan tak sedikit yang sampai tergelincir atau terjatuh.

Kejadian ini memang marak akhir-akhir ini, terutama saat kondisi sedang hujan. Insiden tersebut malah sampai menciptakan anggapan bahwa sepeda motor mudah tergelincir saat melewati pelintasan kereta.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pelintasan kereta api merupakan area yang cukup berbahaya bagi pengendara motor, baik itu musim hujan maupun kemarau.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

Para pengguna kendaraan bermotor melewati perlintasan KA di Stasiun Ancol. Padatnya jumlah pengguna kendaraan di sekitar Stasiun Ancol membuat petugas harus selalu was-was dan fokus demi menjaga keamanan pengguna jalan dan perlintasan kereta. Para pengguna kendaraan bermotor melewati perlintasan KA di Stasiun Ancol. Padatnya jumlah pengguna kendaraan di sekitar Stasiun Ancol membuat petugas harus selalu was-was dan fokus demi menjaga keamanan pengguna jalan dan perlintasan kereta.

Meski begitu, kejadian ini sebetulnya bisa diminimalisir dengan pengetahuan berkendara yang cukup. Menurut Jusri, ada cara aman jika hendak melintasi rel kereta api.

“Pertama posisikan motor untuk memotong jalur rel, artinya melintas dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong sebab jika miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

Baca juga: Pertamax Rp 12.500, Isi BBM Full Mitsubishi Xpander Tembus Rp 562.500

Kemudian, saat melewati rel kereta api, Jusri mengimbau pengendara untuk segera menurunkan kecepatan sesuai kondisi.

“Setelah itu posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara,” kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com