Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Legacy SR2 Panorama Meluncur, Mengandalkan Beragam Keunggulan

Kompas.com - 21/04/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Karoseri Laksana baru saja melakukan private showcase tiga produk baru untuk 2022 di Ungaran, Jawa Tengah, Selasa (19/4/2022). Pertama ada Legacy SR2 Suites Combi Family Series, lalu SR2 Panorama, dan New Tourista.

Bahas bus baru Legacy SR2 Panorama adalah hasil kolaborasi antara Karoseri Laksana dengan PO SAN. Saat itu, tepatnya di September 2021, SR2 Panorama pertama kali dirilis, menggunakan model kaca depan tunggal atau single glass dan tampilan cowl depan yang baru, lebih sporty.

Kemudian saat private showcase, PO SAN mengambil unit ketiganya dengan bodi SR2 Panorama. Ada berbagai alasan mengapa untuk bus baru, PO SAN memilih model single glass.

Baca juga: Detail Bus Baru Karoseri Laksana, Suites Combi Family Series

New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri Laksana

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN mengatakan, daripada model double glass, single glass punya beberapa kelebihan, seeprti perawatan yang mudah.

"Dengan kaca dua atas bawah (double glass) dari sisi maintenance agak ribet. Apalagi di Sumatera masih banyak kasus lempar kaca dan semacamnya," ucap pria yang akrab disapa Sani di Ungaran, Selasa (19/4/2022).

Menurut Sani, biaya perbaikannya tidak lebih murah dari single glass, selain itu proses penggantiannya tidak lebih mudah. Hal ini yang membuatnya merasa model double glass tidak efisien.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

"Kemudian penumpang merasa tidak nyaman. Kalau double glass, bus laintai tidak tinggi, pandangan penumpang pas di tiang (bando). Jalan yang kami lewati berliku, jadi pandangan yang enggak enak bikin penumpang lebih cepat mual, ini berdasarkan testimoni," ucapnya.

Selain itu, menurut Sani untuk jalanan Indonesia lebih cocok jika bus menggunakan single glass. Mengingat pemandangannya yang indah selama perjalanan, dengan model single glass pandangan penumpang jadi lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com