Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO NPM baru saja menambah lima unit bus baru dari Karoseri Adiputro, Rabu (20/4/2022). Nampaknya bus pun akan siap beroperasi menjadi angkutan mudik lebaran 2022.

Lima bus yang rilis menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD dan dipasang ke sasis Mercedes Benz. Selain itu, terlihat juga dari eksteriornya ada beberapa modifikasi, khususnya pada bagian selendang.

Selendang yang digunakan mirip dengan Voyager pada umumnya, namun ada perbedaan pada bagian yang memanjang sampai ke belakang. Jadi selendang yang digunakan hanya bagian depan dan belakang saja, tanpa garis panjang.

Baca juga: Kemenhub Uji Publik RPM Konversi Mobil, Bus, dan Kendaraan Kustom

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Fungsinya adalah, ketika kaca samping mengalami kerusakan atau pecah, bisa langsung diganti tanpa melepas selendang. Jadi bisa dibilang untuk perbaikannya jadi lebih mudah.

Kemudian, terlihat juga kalau bus ini merupaka Sutan Class, alias kelas paling tinggi yang ditawarkan PO NPM. Bedanya ada pada bagian livery dan ada tulisan Sutan Class di atas rumah roda depan.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin, fiturnya meliputi bangku dengan leg rest, dua tv di depan dan satu di belakang, ditambah adanya sekat dan toilet.

Baca juga: Polda Metro Memastikan Tanpa Tilang Ganjil Genap Selama Mudik 2022

"Ada juga sekat di bagian belakang untuk smoking yang menyatu dengan toilet," kata Yohan kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Sekat yang dipasang di bagian depan dan belakang sangat menambah kenyamanan penumpang. Sehingga penumpang tidak terganggu asap rokok dari kru yang ada di depan dan juga membuat kabin lebih kedap suara.

Sutan Class sendiri hanya diisi 30 bangku penumpang, sehingga jarak bangkunya lebih lega, pasti jadi lebih nyaman. Selain itu juga akan bersaing dengan bus-bus trayek Sumatera lainnya seperti ANS dan Sembodo yang menawarkan fasilitas yang serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.