Mudik Pakai Honda BR-V, Isi Full Tank Pertamax Tembus Rp 500.000

Kompas.com - 21/04/2022, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dua tahun melarang mudik, maka tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat melakukan Mudik Lebaran 2022 dengan aturan tertentu.

Mudik kali ini diwarnai kenaikan harga BBM. Di mana sebelumnya Pertamina telah menaikkan harga Pertamax (RON 92) pada 1 April 2021, dari Rp 9.000 menjadi Rp 12.500 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Hasil Positif Penjualan Kendaraan Astra Group

Kenaikan harga BBM jelas berdampak pada pengeluaran konsumen, terutama bagi mereka yang ingin menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil untuk mudik.

Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.Shutterstock Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.

Misalnya saja buat pengguna Honda BR-V, yang mengusung mesin 1.500cc, SOHC, 4 Silinder Segaris, 16 katup yang mampu menghasilkan 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600rpm

Jika sebelumnya dengan harga Pertamax Rp 9.000 per liter, maka pengguna BR-V dengan tangki sebesar 42 liter, membutuhkan biaya sebesar Rp 378.000 untuk mengisi BBM hingga penuh.

Sementara saat Pertamax menyentuh harga Rp 12.500 per liter, saat ini konsumen BR-V harus mengeluarkan kocek hingga Rp 525.000 untuk mengisi BBM full tank. Artinya, ada selisih sekitar Rp 147.000.

Baca juga: New Honda Brio RS Urbanite Edition, Makin Mahal tapi Makin Tampan

Buat pemudik yang mau pulang kampung, jumlah segitu termasuk biaya tol selama perjalanan. Besarannya tentu tergantung tujuan kampung halaman.

Adapun jika memakai Pertalite (RON 90) yang saat ini dibanderol Rp 7.650 per liter, biaya isi BBM mobil berjenis Low SUV itu sampai penuh hanya butuh Rp 321.300.

Namun yang jadi catatan, penggunaan BBM dengan angka oktan lebih rendah bakal dibarengi dengan penurunan performa, sekaligus penurunan efisiensi bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.