7 Titik Rawan Macet di Jawa Timur Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 21/04/2022, 03:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur memprediksi sedikitnya terdapat 7 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan selama arus mudik Lebaran di tahun ini.

Dikatakan Dirlantas Polda Jatim Latief Usman, lokasi tersebut ialah pintu tol Sidoarjo, tol Kejapanan, Tol Singosari, dan Tol Pandaan. Maka, pihak kepolisian bakal memberi perhatian khusus.

"Sebanyak 16 juta pergerakkan pemudik, khususnya di Jawa Timur," ujar dia, Rabu (20/4/2022).

 Baca juga: Biaya Tol Mudik dari Jakarta ke Yogyakarta dan Solo

Kendaraan dari pintu Tol Singosari, Tol Pandaan-Malang saat antri di persimpangan Karanglo Kabupaten Malang, Senin (27/5/2019)KOMPAS.com / ANDI HARTIK Kendaraan dari pintu Tol Singosari, Tol Pandaan-Malang saat antri di persimpangan Karanglo Kabupaten Malang, Senin (27/5/2019)

“Ada 7 titik yang diwaspadai. Seperti Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan di Waru Gunung, Tol Singosari, dan Tol Pandaan. Ketujuh titik terkait berpotensi menghambat karena berada di dalam jalur tol utama,” ujar tambah dia.

Latief menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk antisipasi kemacetan, yakni dengan upaya penambahan gate tol jika terjadi antrean.

Adapun indikator antrean yang dimaksud, ialah kepadatan lebih dari satu kilometer dari titik gerbang tol.

"Apabila terjadi antrian lebih dari 1 km, saya meminta kebijaksanaan dari mereka. Apakah diloloskan atau mereka menambah (gate),” lanjutnya.

Baca juga: ETLE di Jalan Tol Tetap Berlaku Selama Mudik 2022, Catat Lokasinya 

Tol Pandaan-MalangFacebook/Gunung Indonesia Tol Pandaan-Malang

Selain itu, mereka juga mengupayakan rekayasa lalu lintas ketika terjadi kemacetan di Jalan Tol. Yakni dengan memberlakukan one way (satu jalur).

“Langkah terakhir yang akan dilakukan, khususnya jika pemudik ke Surabaya penuh, kami akan buat one way dari KM 575 sampai dengan Surabaya,” ujar Latief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.