4 PO Bus yang Pakai Bodi Dream Coach, buat Mudik Perjalanan Jauh

Kompas.com - 18/04/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan mudik akhirnya kembali diperbolehkan dengan syarat sudah vaksin booster. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para pengusaha bus setelah dilarangnya mudik dua tahun terakhir.

Salah satu moda transportasi yang bisa diandalkan saat mudik adalah dengan menaiki bus. Bus punya tarif yang relatif ekonomis dan tidak merepotkan karena banyak titik pemberangkatan dan turunnya.

Selain itu, bus-bus saat ini sudah semakin beragam, salah satunya yang sangat memerhatikan soal kenyamanan. Seperti bus baru PO Kalingga Jaya yang dirilis dari Karoseri Adiputro dengan bodi Jetbus Dream Coach.

Baca juga: Syarat Bus Pariwisata untuk Angkutan Mudik Lebaran

Bus Dream Coach milik PO New ShantikaILM/https://bus-truck.id Bus Dream Coach milik PO New Shantika

Bodi Jetbus Dream Coach ini pertama kali di akhir 2020, saat itu menggunakan livery PO Pandawa 87. Jika membahas Dream Coach, bentuk eksteriornya seperti Jetbus pada umumnya, hanya ada perbedaan selendang dan kaca samping yang kini bertumpuk.

Perbedaan paling besar ada di bagian kabin, bangku bus kini dibuat kapsul-kapsul terpisah. Selain itu, jumlahnya juga hanya sedikit, yakni 22 kapsul bangku yang super nyaman.

Bangku tadi disusun menumpuk, oleh karena itu kaca sampingnya juga dibuat bertingkat. Jadi setiap penumpang bisa melihat pemandangan ke samping.

Baca juga: Panther Diduga Timbun Solar, Tampung 466 Liter Sekali Isi Rp 2,4 Juta

Membahas kapsulnya, setiap bangku yang ada di dalamnya bisa direbahkan sampai sekitar 150 derajat. Selain itu dipasang juga sandaran kaki yang panjang, sehingga saat sandaran direbahkan posisinya hampir rata.

Selain itu, di bagian kabin dipasang juga sistem hiburan seperti Audio Video On Demand (AVOD) sehingga perjalanan panjang tidak membosankan. Jangan khawatir juga akan kehabisan baterai telepon genggam karena ada port USB di setiap bangkunya.

Kemudian, agar semakin nyaman selama perjalanan, bus Dream Coach yang sudah rilis kebanyakan memasang toilet di kabinnya.

Kabin bus AKAP PO Kalingga JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Kalingga Jaya

Untuk PO bus apa saja yang sudah menggunakan bodi Dream Coach, tercatat ada PO Pandawa 87, kemudian Sinar Jaya, lalu New Shantika, dan terakhir Kalingga Jaya yang baru ini dirilis.

Untuk PO Pandawa 87 melayani trayek Jakarta-Banyuwangi. Sedangkan Sinar Jaya yang memakai unit Dream Coach beroperasi di trayek Jakarta-Madura dan New Shantika dan Kalingga Jaya melayani trayek Jakarta-Jepara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.