Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Kalingga Jaya, Pakai Dream Coach Bikin Penumpang Nyaman

Kompas.com - 18/04/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Kalingga Jaya kini siap bermain di kelas bus reguler atau Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan merilis bus-bus baru dari Karoseri Adiputro.

Belum lama ini sudah ada dua bus PO Kalingga Jaya yang rilis dan menggunakan model bodi yang super nyaman. Bus tersebut menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD Dream Coach yang ditopang sasis Mercedes Benz.

Dream Coach adalah bodi dari Adiputro dengan 22 kabin kapsul. Artinya, setiap penumpang punya areanya sendiri dan menggunakan bangku yang super nyaman karena bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Baca juga: Bus Euro 4 Mercedes-Benz Bakal Diluncurkan Tahun Depan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jika dilihat tampilannya, Jetbus Dream Coach punya desain selendang yang sedikit berbeda dengan model Voyager. Selain itu, terlihat juga dua kaca karena posisi kapsul di kabinnya yang juga menumpuk.

Sesuai dengan armada bus PO Kalingga Jaya yang lain, warna yang dipilih untuk eksteriornya adalah kombinasi antara hijau dan putih. Kemudian ada stiker logo Mercedes Benz yang ukurannya cukup besar di samping belakang.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk fasilitas yang ada di kabin kurang lebih sama dengan Dream Coach yang sudah rilis sebelumnya.

Baca juga: Video All New Honda HR-V Turbo RS Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

"Kalingga dia pakai model sleeper dan ada toiletnya di belakang. Selain itu setiap kapsulnya dilengkapi dengan sistem hiburan," ucap Yohan kepada Kompas.com, Minggu (17/4/2022).

Dua unit Dream Coach dari Kalingga Jaya ini menambah empat unit yang sebelumnya dirilis. Untuk model yang biasa, memakai bodi Jetbus 3+ HDD yang juga menggunakan sasis Mercedes Benz.

Untuk fasilitasnya, ada sekat yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang. Selain itu bangku yang digunakan juga tebal, disusun 2-2 dan dilengkapi dengan leg rest.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com