Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panther Diduga Timbun Solar, Tampung 466 Liter Sekali Isi Rp 2,4 Juta

Kompas.com - 18/04/2022, 06:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tindakan yang diduga dilakukan untuk menimbun bahan bakar jenis solar terjadi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, di daerah Jambi.

Dugaan kecurangan itu diunggah oleh akun Instagram Romansa Sopir Truck, Senin (18/4/2022), yang menyebut solar habis tapi ada mobil Isuzu Panther yang mengisi solar tak wajar.

Baca juga: Persiapan Mudik, Catat Daftar Rest Area Sepanjang Tol Trans Jawa

Dalam postingan tersebut, terlihat foto yang menunjukkan Panther bisa menampung 466.02 liter solar dengan jumlah pengisian mencapai Rp 2,4 juta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Akun itu menceritakan bagaimana asal mula kejadian. Awalnya yakni ingin mengisi solar tapi disebut habis. Adapun di lokasi ada Panther (yang dikenal sebagai rajanya diesel), mengisi bahan bakar.

Saat ditanya mobil tersebut mengaku mengisi Dexlite.

Tapi ada beberapa hal yang mencurigakan yaitu harga bahan bakar di mesin pompanya ditutupi stiker. Adapun saat dibuka ternyata harganya ialah harga solar bukan Dexlite.

Baca juga: Rencana Suzuki MotoGP Siapkan Tim Balap Moto2 hingga Tim Satelit

Salah satu Supervisior SPBU di Kabupaten Bandung mengaku telah mengalami pembatasan pengiriman solar bersubsidi, Rabu (23/3/2022)KOMPAS.com/ M ELGANA MUBAROKAH Salah satu Supervisior SPBU di Kabupaten Bandung mengaku telah mengalami pembatasan pengiriman solar bersubsidi, Rabu (23/3/2022)

Cara menghitungnya yaitu jumlah Rp 2.400.000 dibagi dengan bahan bakar yang dikeluarkan yaitu 466.02 liter hasilnya Rp 5.149,993.

Harga tersebut sesuai dengan foto yang juga tampilkan di postingan, di mana harga solar di SPBU tersebut ialah Rp 5.150.

"Solar ada dibilang habis.

Sudah jelas di lokasi SPBU ini sedang ada mobil Phanter Siluman yang sedang mengisi BBM berjenis solar dalam jumlah besar yang mencapai 2,4 juta," 

"Kami tanya: "Sedang isi apa?"
Jawab dia: "Sedang isi DEXLITE!"

Kami pun tak percaya begitu saja dan penasaran kenapa layar harganya harus ditutup oleh stiker, kami buka lah stiker tersebut, dan ternyata yang tertera bukan harga DEXLITE melainkan harga SOLAR.

Lokasi SPBU Rimbo Bujang, Tebo, Jambi," tulis akun tersebut dikutip Senin (18/4/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Hal lainnya ialah soal kapasitas tangki mobil yang diduga melakukan penimbunan tersebut. Sebab tangki mobil standar tidak bisa menampung bahan bakar sebanyak itu.

Mengutip spesifikasi Panther dari situs MTF, kapasitas tangki Panther ialah 55 liter. Sehingga disinyalir tangki mobil tersebut sudah dimodifikasi sehingga bisa muat solar banyak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com