Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Repsol Honda Sebut Marquez Selangkah Lebih Maju dari Para Rival

Kompas.com - 13/04/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez baru kembali balapan pada MotoGP Amerika setelah harus absen pada MotoGP Mandalika dan MotoGP Argentina karena cedera. Meski demikian, penampilannya langsung memukau, meski gagal podium.

Akibat cedera yang dialaminya di MotoGP Mandalika, Marquez diharuskan istirahat hingga kondisinya benar-benar prima. Sehingga, dia terpaksa absen pada MotoGP Argentina.

Baca juga: Tak Ngebut Saat Start, kenapa Motor Marquez di MotoGP Amerika?

Meski absen beberapa minggu dari MotoGP, tapi Marquez berhasil memberikan penampilan yang luar biasa pada seri keempat MotoGP 2022. Sirkuit Austin atau Circuit of the Americas (COTA) yang menjadi tuan rumah juga sering kali ditaklukkan oleh Marquez hingga dia dijuluki 'King of COTA'.

Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.AFP/MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.

Saat sesi latihan bebas, pebalap Repsol Honda itu tidak begitu menonjol. Tapi, selalu masuk sepuluh besar pebalap tercepat.

Pada sesi kualifikasi, Marquez hanya sanggup mendapatkan posisi start kesembilan. Sayangnya, saat start terjadi kegagalan teknis yang membuat Marquez langsung merosot jauh ke belakang.

Baca juga: Cuplikan Momen Aksi Luar Biasa Marc Marquez di MotoGP Amerika

Marquez menghabiskan sepanjang balapan untuk menyalip para rivalnya. Dia akhirnya menyelesaikan balapan dengan finis di urutan keenam.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Alborto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, mengatakan, Honda sedang melakukan investigasi terhadap kesalahan teknis yang terjadi pada Marquez.

"Bahkan, dengan situasi seperti itu, Marc mampu mengatasinya dan setelah tikungan pertama, motornya sudah bekerja dengan baik dan dia mampu menunjukkan kecepatan yang sebenarnya," ujar Puig, dikutip dari Crash.net, Rabu (13/4/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Puig menambahkan, Marc tidak bisa balapan di Mandalika dan di Argentina. Untuk itu, Honda sangat senang pebalapnya bisa balapan di Texas.

"Dia mampu menunjukkan levelnya, yang masih sama seperti biasanya. Dia adalah pebalap yang selangkah lebih maju dari lainnya," kata Puig.

Banyak yang berpendapat, jika Marquez tidak mengalami masalah teknis tersebut, maka dia punya sangat berpotensi untuk menang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com