Uji Coba Sirkuit Formula E Jakarta Dilakukan Paling Lambat Mei 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Panitia penyelenggara Formula E Jakarta memperkirakan uji coba atau pra tes sirkuit Formula E akan diadakan akhir April atau awal Mei 2022, sambil menyesuaikan jadwal dari federasi ajang balap mobil listrik, Formula E Operation (FEO).

"Pasti ada tes karena harus melihat kesiapan sirkuitnya," ujar Vice President Communication Organizing Committe Formula E Jakarta Iman Sjafei, disitat dari Antara (12/4/2022).

Menurut dia, FEO akan menentukan kepastian pra tes termasuk persetujuan kelayakan atau homologasi sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Iman juga mengatakan, FEO sudah berada di Jakarta sejak beberapa bulan lalu, sekaligus mengawasi pengerjaan sirkuit berbentuk kuda lumping tersebut.

"Mereka sebenarnya sudah ada di sini sejak beberapa bulan lalu, mengawasi terus. Nanti kapan menurut mereka waktu pas untuk homologasi," kata Iman.

Seperti diketahui, pengaspalan sirkuit Formula E Jakarta sudah rampung dikerjakan sekitar Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Naik Bus KG Trans dari Jakarta ke Denpasar, Tarif Rp 500.000

Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).Dok. Istimewa Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).

Saat ini, panitia sedang membangun kelengkapan fasilitas pendukung, di antaranya pagar pembatas kiri dan kanan, tribun dan fasilitas pendukung lain.

Setelah pemasangan fasilitas pendukung rampung, sirkuit akan kembali diaspal untuk memastikan kehalusan lintasan.

"Ada pagar, terus ada grand stand, tribune, kemudian buat instalasi untuk mempercantik paddock. Ada beberapa jembatan yang di tengah melintasi, itu semua kelengkapan pendukung," ucap Iman.

Baca juga: Alasan Kenapa Kick Starter Banyak Absen di Motor Keluaran Baru

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Sebagai informasi, ajang balap mobil listrik di Jakarta atau Jakarta E-Prix akan berlangsung pada 4 Juni 2022.

Panitia sebelumnya menyebutkan akan ada total 50.000 tiket yang siap dijual dengan harga paling murah Rp 350.000 hingga jutaan rupiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.