Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Saat Start, Penyesalan Marquez Usai MotoGP Amerika

Kompas.com - 11/04/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez harus puas finis di posisi keenam pada gelaran MotoGP Amerika yang berlangsung di Circuit of The America (COTA) pada Senin (11/4/2022) dini hari.

Rider yang mendapat julukan The Baby Alien itu memulai balapan MotoGP Amerika 2022 dari posisi ke-9.

Sayangnya, RC213V yang ditungganginya bermasalah pada awal balapan MotoGP Amerika 2022. Tepat setelah aba-aba start dimulai, motor Marquez tersendat sehingga tidak bisa melaju kencang.

Rumor yang beredar, pebalap yang identik dengan nomor 93 itu salah menekan tombol pit limiter saat start.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2022: Bastianini Juara, Marquez Luar Biasa

Akibat insiden itu, Marquez harus tercecer sampai ke posisi terakhir yakni 24 sebelum tikungan pertama.

Meski begitu, Marquez berhasil memulihkan posisinya. Pebalap asal Spanyol itu perlahan menyalip satu per satu rider yang berada di depannya hingga berhasil finis di posisi keenam.

Marquez pun mengaku sangat kecewa karena motornya bermasalah pada saat start, namun disisi lain ia sangat senang karena kepercayaan dirinya telah kembali usai mengalami diplopia atau penglihatan ganda.

“Saya sangat kecewa dengan hasilnya. Kami sangat cepat. Jika start saya tidak buruk, kemenangan mungkin saja terjadi,” ucap Marquez dikutip dari Motosan.es, Senin (11/4/2022).

“Kami memiliki masalah teknis dengan motor pada awal balapan. Repsol Honda sedang memeriksa itu. Ketika sedang bersiap memulai balapan, saya melihat pesan aneh di layar monitor,” lanjut pebalap berusia 29 tahun itu.

Marquez mengaku, motor yang ditungganginya baru bekerja normal setelah tikungan pertama. Saat itulah dirinya langsung siap untuk memulai balapan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

“Saya juga melakukan beberapa kesalahan saat menyalip. Namun, saya pergi dengan kepercayaan diri yang tinggi. Itu adalah hal terpenting,” kata dia.

Terlepas dari permasalahan pada RC213V yang ditungganginya. Kegigihan Marquez harus diacungi jempol. Bagaimana tidak, ia berhasil comeback dan finis di posisi 10 besar tepatnya di urutan keenam setelah sempat melorot di posisi paling buncit.

Hasil balapan itu mengantarkan Marquez ke posisi 13 klasemen sementara MotoGP 2022 dengan raihan 21 poin.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2022: Bastianini Juara, Marquez Luar Biasa

Kini Marquez tengah kembali fokus untuk mempersiapkan diri di MotoGP Portugal.

“Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk menghadapi MotoGP Portugal. Kami belum menentukan target. Kami hanya ingin terus bekerja keras dan memahami di mana level kami saat ini,” ucap Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com