Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pentingnya Cek Komponen Kendaraan Sebelum Berkendara

Kompas.com - 11/04/2022, 12:41 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara agar tidak merepotkan atau menyebabkan kecelakaan di jalan.

Misalnya, mengecek komponen rem agar bisa terhindar dari rem blong selama perjalanan. Melihat kondisi bensin agar terhindar dari potensi mogok yang bisa sangat merepotkan pengendara di jalan.

Seperti yang terekam di unggahan @dashcam_owners_indonesia. Tampak seorang pengendara motor yang terjatuh akibat ada komponen motornya yang terlepas saat motor masih melaju.

Baca juga: Menyalip di Tikungan, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk

Akibatnya, ban motor terserempet benda tersebut, menyebabkan motor kehilangan keseimbangan hingga akhirnya motor terjatuh. Pengendara motor tersebut nampak tidak menggunakan helm dan atribut berkendara lainnya.

Beruntungnya, kondisi pengendara motor tersebut terlihat baik-baik saja, tanpa luka berat. Ia segera dibantu oleh pengguna jalan lainyang kebetulan sedang melewati area tersebut.

Penting bagi pengendara motor untuk memperhatikan kondisi motor sebelum melakukan perjalanan, agar bisa meminimalisir terjadinya hal-hal seperti ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Selain mengecek keadaan luar kendaraan, satu hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi rem motor. Ini juga dapat membantu pengendara motor untuk mengurangi kecepatan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, atau saat ada objek yang menghalangi laju motor.

Untuk itu, pemilik motor harus melakukan pemeriksaan berkala ke bengkel resmi, agar kerusakan pada motor bisa terdeteksi dan diperbaiki lebih cepat.

"Lakukan perawatan berkala pemeriksaan rem cakram maupun rem tromol setiap 10.000 kilometer sekali agar performa pengereman tetap terjaga," ucap Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2022: Bastianini Juara, Marquez Luar Biasa

Mengecek keausan kampas rem juga bisa dilakukan secara mandiri dengan melihat alur-alur pada kampas rem.

"Kita dapat melihat ini secara langsung tanpa membongkar rem cakram tersebut," ucap Reza.

Dengan melakukan observasi mandiri setiap sebelum berkendara, kejadian seperti lepasnya komponen motor, rem blong dan kerusakkan lainnya bisa diminimalisir. Sehingga, potensi terjadinya kecelakaan juga bisa diperkecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com