Mana yang Lebih Laris di Pameran IIMS 2022, Mobil atau Motor?

Kompas.com - 10/04/2022, 04:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, sejumlah agen pemegang merek (APM) roda empat dan roda dua, hingga aksesoris turut serta dalam pameran tahunan ini.

Selama 10 hari pameran, ajang ini diklaim berhasil mentorehkan capaian positif. Di mana jumlah pengunjung meningkat 260 persen dibandingkan tahun lalu, sebesar 219.000 orang.

Adapun, total transaksi tembus Rp 2,1 triliun sampai Sabtu (10/4/2022) malam, berdasarkan data yang sudah dilaporkan agen pemegang merek (APM).

Baca juga: Suka Duka Jadi SPG di Pameran IIMS Hybrid 2022

Booth Yamaha saat IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Yamaha saat IIMS 2022

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, mayoritas produk otomotif yang terjual di IIMS 2022 merupakan kendaraan roda empat alias mobil.

“Kalau melihat data biasanya, sekarang itu 5:1, lebih banyak mobil. Di mana, saya berani bilang itu tidak mencerminkan realita. Karena realitanya penjualan motor itu lima kali lipat dibandingkan mobil,” ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan di JIEXPO Kemayoran (9/4/2022).

Menurut Kohen, ada kebiasaan yang berbeda bagi para pelaku industri sepeda motor. Di mana agen pemegang merek (APM) motor tidak mau mengungkap data penjualan, ketimbang APM mobil yang saling bersaing meraih jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

Baca juga: Viral, Video Toyota Avanza Kelebihan Muatan

“Kalau misal di mobil, Mitsubishi sebut sekian, sebelahnya panas juga. Kalau di motor mungkin agak low profile. Jadi mayoritas mobil, berdasarkan yang dilaporkan. Tapi faktanya, saya yakin sebaliknya,” ucap Kohen.

“Tapi memang saya tidak bisa buktikan, karena bukti saya berdasarkan yang melaporkan. Jadi saya enggak bisa kira-kira, based on data resmi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.