Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Laris di Pameran IIMS 2022, Mobil atau Motor?

Kompas.com - 10/04/2022, 04:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, sejumlah agen pemegang merek (APM) roda empat dan roda dua, hingga aksesoris turut serta dalam pameran tahunan ini.

Selama 10 hari pameran, ajang ini diklaim berhasil mentorehkan capaian positif. Di mana jumlah pengunjung meningkat 260 persen dibandingkan tahun lalu, sebesar 219.000 orang.

Adapun, total transaksi tembus Rp 2,1 triliun sampai Sabtu (10/4/2022) malam, berdasarkan data yang sudah dilaporkan agen pemegang merek (APM).

Baca juga: Suka Duka Jadi SPG di Pameran IIMS Hybrid 2022

Booth Yamaha saat IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Yamaha saat IIMS 2022

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, mayoritas produk otomotif yang terjual di IIMS 2022 merupakan kendaraan roda empat alias mobil.

“Kalau melihat data biasanya, sekarang itu 5:1, lebih banyak mobil. Di mana, saya berani bilang itu tidak mencerminkan realita. Karena realitanya penjualan motor itu lima kali lipat dibandingkan mobil,” ujar pria yang akrab disapa Kohen, kepada wartawan di JIEXPO Kemayoran (9/4/2022).

Menurut Kohen, ada kebiasaan yang berbeda bagi para pelaku industri sepeda motor. Di mana agen pemegang merek (APM) motor tidak mau mengungkap data penjualan, ketimbang APM mobil yang saling bersaing meraih jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

Baca juga: Viral, Video Toyota Avanza Kelebihan Muatan

“Kalau misal di mobil, Mitsubishi sebut sekian, sebelahnya panas juga. Kalau di motor mungkin agak low profile. Jadi mayoritas mobil, berdasarkan yang dilaporkan. Tapi faktanya, saya yakin sebaliknya,” ucap Kohen.

“Tapi memang saya tidak bisa buktikan, karena bukti saya berdasarkan yang melaporkan. Jadi saya enggak bisa kira-kira, based on data resmi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com