[Video] Taksi Drone EHang 216 Sukses Terbang di IIMS Hybrid 2022

Kompas.com - 09/04/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dimeriahkan oleh kehadiran pesawat udara tanpa awak, yakni EHang 216. Untuk pertama kalinya di Jakarta, pesawat tersebut diterbangkan.

EHang 216 dihadirkan oleh Prestige Aviation alias PT Prestisius Aviasi Indonesia. Pesawat tersebut dibawa sebagai bentuk kesepakatan antara Prestige Aviation dengan EHang untuk melakukan pre-order kendaraan udara otonom (Autonomous Aerial Vehicle) secara masif sejumlah 100 unit EHang 216.

Baca juga: Kecanggihan Taksi Terbang EHang 216 Ikut Meramaikan IIMS Hybrid 2022

Sebelumnya, EHang 216 sudah sukses uji coba terbang di Bali pada November 2021. Demonstrasi kontrol pada pusat komando dan koordinasi berjalan lancar.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

EHang 216 berhasil mengudara dengan ketinggian 300 meter mengitari pulau Bali. Pesawat tersebut resmi terbang tanpa awak dan penumpang.

Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation, mengatakan, siapa tahu di ibukota negara baru di Nusantara nanti, EHang bisa berterbangan sebagai sarana transportasi yang sangat murah, ramah lingkungan, dan dapat diandalkan.

Baca juga: Ini Estimasi Harga Sewa Taksi Terbang EHang 216

"Sebab, biaya terbangnya sangat murah. Kalau dihitung, pengisian listriknya hanya ratusan ribu rupiah. Targetnya adalah biayanya hanya dua atau tiga kali lipat dari taksi biasa," ujar Rudy, dalam sambutannya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

Suksesnya acara ini meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap kendaraan udara otonom. Dengan besarnya minat ini, Prestige Aviation dengan bangga menjadi yang pertama dalam membawa dan menyediakan kendaraan udara otonom untuk masyarakat Indonesia.

Acara penandatanganan perjanjian pre-order 100 unit EHang 216 ini diadakan di Aspal Area IIMS 2022 dan dihadiri secara langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Marco Isaak selaku Komisaris dari Black Stone Cargo Airline, Huazhi Hu selaku Founder dan CEO, Chairman dan CEO dari EHang, dan Johnson Yaptonaga selaku Chairman dari Prestige Aviation.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

"Jadi, ini adalah suatu moda transportasi masa depan yang memang akan menjadi tidak terelakkan di masa depan akan digunakan," kata Rudy.

Simak videonya di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.